04 November 2016, tiba-tiba handphone
saya berdering. Disitu tertera kode area nomor telepon 031 yang berarti kode
telepon Surabaya. Dalam hati saya berkata mudah-mudahan ini dari Bank Mantap,
setelah tiga minggu yang lalu tepatnya 10 Oktober 2016 saya memasukkan berkas
rekrutmen di Bank Mantap. Dan ternyata setelah saya angkat adalah benar telepon
dari bank mantap yang menginformasikan bahwa saya dipanggil interview di Bank
Mantap Sidoarjo. Saya langsung bersyukur kepada Allah setelah saya diberikan
kesempatan untuk mengikuti interview ini.
06 November 2016, saya berangkat dari
daerah asal saya Medan Sumatera Utara menuju Surabaya Jawa timur, berharap
terjadi perubahan dalam hidup saya terutama saya bisa bekerja. Karena setelah
lulus kuliah pada bulan Mei 2016 yang lalu saya ingin bekerja untuk
membahagiakan kedua orang tua saya. Saya meminta doa restu kepada kedua orang
tua saya supaya jalan saya menuju Surabaya ini diberkahi oleh Allah.
07 November 2016, hari ini senin jam
09.00 WIB saya dipanggil tes interview di Bank Mantap. Mantap disini
kepanjangannya Bank Mandiri Taspen Pos. Bank Mantap dulunya merupakan PT. Bank
Sinar Harapan Bali, tapi sekarang seiring dengan keluarnya ijin dari Otoritas
Jasa Keuangan maka PT. Bank Sinar Harapan Bali secara resmi berganti nama
menjadi PT. Bank Mandiri Taspen Pos yang mana nama baru tersebut mencerminkan
pemilik dari Bank Mandiri Taspen Pos yaitu PT Bank Mandiri (persero) Tbk, PT
Taspen (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero). Kegiatan usaha PT. Bank
Mandiri Taspen Pos fokus di segmen pensiunan dan UMKM. Saya senang sekali
bisa diberi kesempatan untuk dipanggil interview.
Pada saat interview banyak pertanyaan
dilayangkan kepada saya, yaa saya jawab jujur, misalnya salah satunya pada saat
itu pewawancara bertanya kepada saya apakah tugas seorang teller, customer
service, dan general affair itu ? saya jawab tugas seorang teller adalah
memberikan pelayanan bagi nasabah atau calon nasabah di sebuah bank. Pada saat
nasabah datang seorang teller mengucapkan salam (Selamat Pagi, Selamat Siang,
Selamat Sore) kemudian bertanya pada nasabah apa yang bisa saya bantu. Apabila
nasabah ingin menyetor uang, sebelum dimasukkan ke dalam sistem teller
menyebutkan dahulu nama penerima dan jumlah uang yang disetor. Kemudian setelah
selesai teller memberikan resi pengiriman kepada nasabah, dan mengucapkan
terima kasih dan mengucapkan salam kembali.
Seorang customer service tugasnya
adalah memberikan pelayanan kepada nasabah sedetail-detailnya. Apabila nasabah
bertanya apa yang menjadi masalahnya, seorang customer service harus memberikan
penjelasan kepada nasabah sampai nasabah tersebut mengerti dan puas terhadap
pelayanan kita.
Dan tugas seorang general affair adalah
mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan kepegawaian atau segala hal di
perusahaan yang bersifat umum, misalnya pegawai yang cuti, pembelian aset
kantor (misalnya pembelian ATK, furniture, dll), mengurus pemeliharaan aset
kantor (misalnya jadwal perbaikan atau service mobil operasional kantor,
maintenance gedung kantor, dsb.). Berhubungan dengan pihak ketiga dalam
perjanjian jual beli atau sewa menyewa (misalnya mengurus perjanjian
perpanjangan sewa ruang kantor), mengatur jadwal atau agenda kedatangan tamu
perusahaan (misalnya untuk booking hotel, booking tiket pesawat, mengatur
jadwal kunjungan, dsb.) Mengatur akomodasi untuk perjalanan dinas pegawai
kantor.
Walaupun saya seorang fresh graduate
saya akan belajar dan berusaha bekerja sebaik mungkin. Saya sangat berharap
bisa bergabung dan berkembang dengan bekerja di perusahaan ini. Semoga setelah interview tahap awal
ini, saya bisa lolos dan mengikuti tahap-tahap tes selanjutnya. Dan saya
berharap semoga saya bisa diterima dan bergabung bekerja di perusahaan ini.
15 November 2016. Seminggu kemudian tepatnya
hari ini saya dapat panggilan tes interview lagi. Kali ini di PT. Bank Mandiri
Taspen Pos Surabaya. Saya fikir yang menginterview saya hanya satu orang, tapi
ternyata dua orang sekaligus. Waw.. baru pengalaman pertama ini saya
diinterview dua orang sekaligus. Awalnya deg-degan, tapi karena yang
menginterview santai, akhirnya proses interview juga berjalan santai dan
lancar. Materi yang diinterview juga masih seputaran diri kita sendiri. Semoga
setelah ini saya dapat mengikuti tes tahap selanjutnya lagi dan bisa diterima
di perusahaan ini.
manfaat banget sharingnya kak,
BalasHapuskak saya mau sharing jg nih kemarin udah daftar bank mantap
saya udah tes wawancara,psikotes dan cek kesehatan,
nah alhamdulillah saya sudah keterima tp blm masuk kak
yg bikin galau saya seperti di bikin down , beliau bilang klok di bank itu berat dan gaji nya sedikit, tidak ada penambahan.
selama ini kakak di bank mantap gimana ?
Kisi kisi interview nya seperti apa
Hapushallo mau tanya dong , sy juga sdh ikut seleksi , smpai medical check up . mandiri taspenpos BUMN tidak ya ??
BalasHapusStelah tes kesehatan trus tes aplg kak
HapusTerimakasih sharingnya kak. Kak boleh kah aku minta alamat email kakak? Buat tanya-tanya soal bank mantap kak😊
BalasHapus3 nama yang dapat memberikan referensi tentang anda ini diisi apa ya??????
BalasHapusInterview nya pke bhsa inggris ya?
BalasHapusKalo kisi2 psikotesnya gimana kak
BalasHapusKak aku udah interview tahap awal udh 2 mnggu masih belum belum di panggil juga
BalasHapus