Tugu Kembar Sabang - Merauke, Sabang


Assalamualaikum

Hai readers… Kalo kemaren aku share pengalaman aku saat berwisata ke Tugu Kilometer Nol Indonesia yang berada di Sabang, kali ini aku mau share Tugu Kembar Sabang - Merauke yang juga masih berada di Sabang.

Tugu Kembar Sabang - Merauke, Sabang (29 April 2019)

Selain Tugu Kilometer Nol yang melegenda ada lagi monumen unik yang ada di Kota Sabang yaitu Tugu Kembar. Tugu Kembar ini sebenarnya adalah Tugu Sabang -  Merauke. Disebut kembar karena tugu ini ada dua, satu di Sabang dan satu lagi di Sota, Merauke.

"Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau" begitulah bait awal lagu Dari Sabang sampai Merauke”

Lagu nasional itu awalnya bersyair "Dari Barat sampai ke Timur, Berjajar Pulau-pulau", tetapi bait tersebut kemudian diubah atas masukan Presiden Soekarno tahun 1960-an saat berhasil mempersatukan Irian Barat ke NKRI. Perubahan itulah yang hingga kini lagu itu menjadi "Dari Sabang sampai Merauke”.

Namun meski sering dinyanyikan, masih ada yang salah memaknai kota di ujung barat wilayah Indonesia ini. Sabang adalah kota, bukan pulau. Kota Sabang adalah wilayah kepulauan di ujung Pulau Sumatera. Kota Sabang sendiri terletak di Kota Weh. Weh adalah pulau terbesar di Sabang.

Peta Sabang

Nama Sabang sendiri diyakini berasal dari bahasa Aceh, 'Saban' yang berarti sama rata atau tanpa diskriminasi. Kata itu disematkan lantaran karakter orang yang tinggal di Pulau Weh ini cenderung mudah menerima pendatang atau pengunjung. 

Versi lain menyebutkan bahwa nama Sabang berasal dari bahasa arab, yaitu 'Shabag' yang artinya gunung meletus. Dahulu kala masih banyak gunung berapi yang masih aktif di Sabang, hal ini masih bisa dilihat di gunung berapi di Jaboi dan Gunung berapi di dalam laut Pria Laot.

Posisi Tugu Kembar Sabang - Merauke, Sabang

Bagaimana Menentukan Posisi Geografis

Letak Tugu Sabang-Merauke ini berada di Kota Atas, tepat di depan Kantor Wali Kota Sabang. Dengan Garis Lintang 05   53’   30,66’’  LU dan Garis Bujur 95   19’   16,52’’ BT, dengan Tinggi 33,6 Meter (MSL).

Di depan tugu dibangun jembatan di atas jurang. Nah dari jembatan ini kita bisa melihat keindahan Teluk Sabang.

Keindahan Teluk Sabang (Berada Di Atas Jembatan yang Terletak Di Depan Tugu)

 Sekian share pengalaman aku di Tugu Sabang – Merauke, Sabang. Semoga bermanfaat.

Love,




Komentar

  1. Sedikit koreksi, Tugu kembaran Sabang -Merauke yang ada di Pulau We, bukanlah tugu yang seperti di ceritakan di atas. Namun sebuah tugu yang ada di kota Iboih di pulau we (setengah perjalalan dari sabang ke tugu km-0). Disana terdapat tugu yang benar2 mirip bentuknya dengan tugu yang ada di Merauke distrik SOTA.

    Demikian koreksi yang bisa di sampaikan, berikut disampaikan koodinat lokasi tugu kembar termaksud
    https://vymaps.com/ID/TUGU-GARUDA-IBOIH-SABANG-2450584/

    BalasHapus

Posting Komentar