Tindakan Preventif Agar Terhindar Dari Virus COVID-19

Assalamualaikum

Hai readers…

COVID-19 telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan infeksi virus COVID-19. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. 




Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari virus COVID-19, di antaranya:


Mencuci Tangan Dengan Benar

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.

Jika kita bekerja di luar ruangan yang sulit ditemukan air, kita bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin, juga sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

Memakai Masker

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah virus, namun penggunaan masker tetap bisa menurunkan risiko penyebaran infeksi COVID-19.

Hindari Menyentuh Area Wajah

Virus Corona dapat menyerang tubuh melalui wajah, seperti mata, mulut, dan hidung. Tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang telah terkontaminasi virus, maka kita akan memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuh.


Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan

Menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan dan atau berpelukan mampu mencegah penyebaran virus Corona.

Jangan Berbagi Barang Pribadi

Virus Corona mampu bertahan di permukaan hingga tiga hari. Maka penting untuk tidak berbagi peralatan makan, sedotan, handphone, dan sisir. Gunakan peralatan sendiri demi kesehatan dan mencegah terinfeksi virus Corona.

Etika ketika Bersin dan Batuk

Ketika bersin dan batuk, tutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar tidak terpapar percikan kelenjar liur. Gunakan tisu saat menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan.


Bersihkan Perabotan di Rumah

Gunakan cairan disinfektan untuk membersih perabotan yang ada di rumah yang rentan tersentuh, seperti gagang pintu, meja, furniture, laptop, handphone, dan perabotan lain secara teratur.

Jaga Jarak Sosial

Pemerintah telah melakukan kampanye social distancing dan physical distancing. Jaga jarak dengan orang lain sekitar satu meter saat berinteraksi dengan orang lain. 

Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia telah membuat peraturan untuk tidak melakukan aktivitas keramaian, tidak hanya tempat umum seperti tempat makan atau gedung olah raga, tetapi juga tempat ibadah.

Mencuci Bahan Makanan

Rendam bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran menggunakan larutan hidrogen peroksida atau cuka putih yang aman untuk makanan. Simpan di kulkas atau lemari es agar bahan makanan tetap segar ketika ingin dikonsumsi.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bisa juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

Selain itu, rutin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

Tidak Pergi Ke Negara Terjangkit

Agar tidak tertular virus COVID-19, kita disarankan untuk tetap stay at home untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 ini.

Menghindari Kontak Dengan Hewan Yang Berpotensi Menularkan Coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut. Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Itulah beberapa tindakan yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus COVID-19. Semoga bermanfaat dan semoga kita dilindungi oleh Allah SWT dari segala penyakit. Aamiin.


Love,






Sumber: 
Health Line, Kementerian Kesehatan


Komentar