Tips Betah Di Rumah


Assalamualaikum

Hai readers…

Kebijakan social distancing yang sudah diterapkan selama sebulan lebih ini menjadi waktu yang sangat berat. Semua orang harus menyesuaikan aktivitasnya dan banyak perubahan yang harus disesuaikan. Yang biasanya bekerja di kantor sekarang jadi bekerja di rumah, yang biasanya anak-anak belajar di sekolah sekarang jadi belajar di rumah, ada mahasiswa yang dulu belajar di kampus sekarang jadi belajar online. Banyak hal yang berubah dengan adanya social distancing ini.




Bagi orang introvert seperti aku yang senang berada di dalam rumah, anjuran untuk nggak boleh beraktivitas di luar nggak menjadi masalah besar dan sama sekali nggak merubah suasana hati walaupun rasa bosan itu tetap ada. Tapi di sisi lain ada orang-orang yang suka beraktivitas diluar berat beradaptasi dengan kondisi yang sekarang ini.

Berikut adalah tips yang bisa kita lakukan supaya betah di rumah :

Mengembangkan Hobi

Mengembangkan hobi bisa mengusir rasa bosan dan menjadikan waktu yang dilalui jadi lebih berguna. Kalau selama ini kita mempunyai waktu yang terbatas untuk mengembangkan hobi, nah kini saatnya kita mengembangkannya. Pastikan hobi yang dilakukan adalah sesuatu yang baik, misalnya menjahit, menulis blog, crafting, merajut atau hal lain yang bermanfaat. Apalagi kalau hobinya bisa menambah penghasilan, makin semangat deh.

Membuat Daftar Rutinitas

Membuat daftar rutinitas apa yang bisa kita lakukan untuk setiap hari selama #stayathome. Dengan adanya daftar rutinitas ini kita bisa melakukan jenis kegiatan apa yang menyenangkan untuk dikerjakan.

Nonton Film

Bagi yang suka nonton karena kita dilarang ke bioskop, kita bisa menonton film di rumah melalui aplikasi misalnya Vidio, Netflix, Youtube, atau aplikasi lainnya. Apalagi yang hobinya nonton drama korea yang episodenya panjang-panjang pasti bahagia banget nontonnya sambil rebahan.

Menulis Blog

Menulis blog bisa mengembangkan pikiran-pikiran kita melalui ide yang dituangkan dalam sebuah tulisan. Dengan menulis blog pikiran kita jadi terbuka akan sesuatu hal yang baru. Kita jadi sering membaca dan mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan blog yang akan kita tulis.

Membaca Buku

Membaca buku dapat menambah wawasan kita. Bagi yang suka atau hobi membaca buku kegiatan ini bisa dilakukan saat #stayathome. Banyak ebook atau buku digital yang bisa di download atau beli buku online. Kalau nggak ada anggaran untuk beli buku online, baca buku lama yang masih nganggur belum dibaca.

Eksperimen Masakan Baru

Memasak bagi sebagian orang mungkin merupakan hal yang sulit. Nah dengan adanya #stayathome kita bisa belajar memasak, mencoba menu-menu baru, selain menghemat biaya pengeluaran kita juga bisa berkreasi dengan masakan sendiri, tentunya lebih sehat dan bergizi pastinya.

Beberes Rumah 

Walaupun sebenarnya beberes rumah merupakan rutinitas harian, tapi nggak ada salahnya kalau kita sedikit merombak tatanan atau dekorasi rumah. Menata ulang lemari pakaian yang berantakan, atau bahkan menata barang-barang yang berserakan.

Jualan Online

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa melakukan hobi bisa menghasilkan uang. Jual kreatifitas kita yang bisa dijual, misalnya crafting, rajutan, hiasan handmade, dan lain-lain.

Itulah beberapa yang bisa dilakukan saat #stayathome. Di rumah aja bukan berarti kita menjadi nggak produktif. Banyak hal yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat.

Love,







Komentar