FAT 12

FAT 12
(File Alocation Table 12 )

Sistem berkas FAT atau FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel.
FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald, pada tahun 1976-1977. Sistem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu, termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), OpenDOS, FreeDOS, MS-DOS, IBM OS/2 (versi 1.1, sebelum berpindah ke sistem HPFS), dan Microsoft Windows (hingga Windows Me). Untuk disket floppy, FAT telah distandardisasikan sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Standar-standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa dukungan nama berkas panjang, karena memang beberapa bagian dalam standar nama file panjang di dalam sistem berkas FAT telah dipatenkan.
Sistem berkas ini digunakan oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.

Apa itu FAT12 ?
FAT12 adalah sistem berkas yang menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 12-bit, sehingga hanya dapat menyimpan maksimum hingga 212 unit alokasi saja (4096 buah). Sistem berkas ini adalah sistem berkas asli dari FAT yang pertama kali digunakan dalam sistem operasi MS-DOS. FAT12: Jenis tertua dari FAT menggunakan bit nomor-12 untuk memegang jumlah cluster. Volume diformat menggunakan FAT12 dapat menampung maksimal 4086 cluster, yang 2 ^ 12 minus beberapa nilai (untuk memungkinkan nilai dicadangkan untuk digunakan dalam FAT). Oleh karenanya FAT12 paling cocok untuk volume sangat kecil, dan digunakan pada floppy disk dan partisi hard disk kecil dari sekitar 16 MB . Karena beberapa sistem operasi Windows menggunakan ukuran unit alokasi sistem berkas yang dibuat berdasarkan ukuran sektor (kelipatan 512 byte, dari 1 sektor hingga 16 sektor), FAT12 memiliki batasan pada kapasitasnya, yakni hingga 32 Megabyte. Karena itulah, FAT12 umumnya hanya digunakan sebagai sistem berkas untuk media penyimpanan floppy disk. FAT12 digunakan oleh beberapa produsen dengan format fisik yang berbeda , tapi floppy disk yang khas pada waktu itu adalah 5,25 inci, dengan 8 sector per track, mengakibatkan kapasitas 160 KB untuk kedua wilayah sistem dan file. Keterbatasan FAT12 melebihi kapasitas ini dengan faktor sepuluh atau lebih. Dengan konvensi, semua struktur kontrol diatur agar sesuai, sehingga menghindari gerakan kepala membaca dan menulis selama operasi, meskipun hal ini bervariasi tergantung pada pabrik dan format fisik disk. Pada saat diperkenalkan FAT12, DOS tidak mendukung direktori hirarki, dan jumlah maksimum file ini biasanya terbatas pada beberapa lusin. Direktori hirarkis diperkenalkan di MS-DOS versi 2.0. Keterbatasan yang tidak ditujukan sampai jauh kemudian adalah bahwa setiap sektor buruk di daerah kontrol struktur, track 0, dapat mencegah disk agar tidak dapat digunakan. Alat DOS format disk tersebut menolak sepenuhnya. Bad sector diizinkan hanya di daerah file, di mana mereka membuat seluruh memegang cluster tidak dapat digunakan juga. FAT12 tetap digunakan pada semua umum disket , termasuk 1,44 MB. 

1.      Disk organisasi

Tata letak floppy disk (FAT-12) terdiri dari empat bagian utama: sektor boot, tabel FAT, akar
direktori, dan area data.
  • Sektor boot terdiri dari sektor pertama (sektor 0) pada volume atau disk.
  • berisi informasi spesifik tentang sisa organisasi sistem berkas, termasuk bagaimana
  • banyak salinan tabel FAT yang hadir, seberapa besar sebuah sektor, berapa banyak sektor dalam sebuah cluster, dll
  • Tabel FAT mengandung pointer ke setiap cluster pada disk, dan menunjukkan jumlah berikutnya dalam rantai cluster saat ini, akhir dari rantai cluster, apakah cluster kosong, atau memiliki kesalahan. Tabel FAT adalah satu-satunya metode untuk menemukan lokasi dari file dan direktori pada sisa disk. .Ada biasanya dua salinan berlebihan dari tabel FAT pada disk untuk  keamanan data dan tujuan pemulihan. Pada disket, karena cluster hanya terdiri dari satu sektor, ada sebuah penunjuk entri FAT ke setiap sektor pada disk. 
  • Direktori root adalah direktori utama dari disk. Tidak seperti direktori lainnya yang terletak di Area data dari disk, direktori root memiliki ukuran terbatas (Untuk FAT12, 14 sektor * 16 direktori entri per sektor = 224 entri mungkin), membatasi jumlah file atau direktori yang dapat dibuat di dalamnya.
  • Data Area. Sektor pertama atau cluster area data sesuai dengan cluster 2 file sistem (cluster pertama selalu cluster 2). Area data berisi file data dan direktori dan mencakup sektor yang tersisa pada disk. 

2.      Sektor Boot

Sektor boot ada di sektor 0 pada disk dan berisi geometri disk dasar, yang adalah himpunan informasi yang dibutuhkan oleh sistem operasi untuk menggunakan disk dengan benar.Kapanpun disk digunakan, informasi dari sektor boot membaca dan setiap informasi yang dibutuhkan adalah diekstraksi dari itu. 

3.      Directories Direktori

Direktori (misalnya sebagai direktori root) ada seperti file pada disk, di mana mereka menempati satu atau lebih sektor. Setiap sektor (512 byte) dari direktori berisi 16 entri direktori (yang masing-masing adalah 32 byte panjang). Setiap entri direktori menggambarkan dan menunjuk ke beberapa file atau subdirektori pada disk. Dengan demikian, koleksi entri direktori untuk menentukan direktori file dan sub direktori dari direktori tersebut. 

4.      FAT-12 file ekstensi nama dan representasi

Nama file di DOS tradisional memiliki batas dari 8 karakter untuk nama, dan 3 karakter untuk ekstensi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Nama direktori file dan ekstensi yang bukan null-dihentikan di dalam direktori entri .
  • File / nama direktori selalu menempati 8 bytes - jika file / nama direktori yang lebih pendek dari 8 byte  (Karakter) pad byte sisanya dengan spasi (ASCII 32, atau Hex 0x20. Hal ini juga berlaku ke-3 karakter ekstensi.
  • Nama direktori file dan ekstensi selalu huruf besar. Selalu mengkonversi file yang diberikan / nama-nama ke huruf besar.
  • Nama Direktori dapat memiliki ekstensi juga.
  • "FILE1" dan "file1.txt" yang unik (ekstensi tidak peduli).
  • File dan direktori tidak dapat memiliki nama yang sama (meskipun atribut yang berbeda). Berikut adalah contoh bagaimana beberapa nama file yang akan diterjemahkan ke dalam 11 byte dialokasikan untuk direktori nama dan ekstensi dalam entri direktori (spasi putih di antara tanda kutip harus dianggap sebagai spasi).
  • • nama file yang diberikan [01234567012]
  • • "Foo.bar" -> "FOO BAR"
  • • "Foo.bar" -> "FOO BAR"
  • • "Foo.bar" -> "FOO BAR"
  • • "Foo" -> "FOO"
  • • "FOO " -> "FOO"
  • • "PICKLE.A" -> "Pickle A"
  • • "Prettybg.big" -> "PRETTYBGBIG"
  • • ". Besar" -> ilegal! file / direktori nama tidak bisa mulai " dengan ".
 
 Tabel berikut berisi informasi sistem operasi apa saja yang mendukung sistem berkas FAT12.
Sistem operasi
Dukungan
MS-DOS
Ya (semua versi MS-DOS)
Windows 95 (semua versi)
Ya
Windows 98
Ya
Windows Millennium Edition
Ya
Windows NT 3.x
Ya
Windows NT 4.0
Ya
Windows 2000
Ya
Windows XP
Ya
Windows Server 2003
Ya
Windows Vista
Ya

 Karakteristik dan fitur setiap versi
Berikut ini adalah tabel perbandingan ukuran partisi dan ukuran unit alokasi sistem berkas (default) yang digunakan oleh sistem berkas FAT.
Ukuran partisi
FAT12
0 MB hingga 6 MB
1024 byte (2 sektor)
7 MB hingga 16 MB
2048 byte (4 sektor)
17 MB hingga 32 MB
4096 byte (8 sektor)
33 MB hingga 64 MB
Tidak didukung
65 MB hingga 128 MB
Tidak didukung
129 MB hingga 256 MB
Tidak didukung
257 MB hingga 512 MB
Tidak didukung
513 MB hingga 1024 MB
Tidak didukung
1025 MB hingga 2048 MB
Tidak didukung
2049 MB hingga 4096 MB
Tidak didukung
4097 MB hingga 8192 MB
Tidak didukung
8192 MB hingga 16384 MB
Tidak didukung
16385 MB hingga 32768 MB
Tidak didukung
32769 MB - 127.5 GB
Tidak didukung
127.5 GB - 2 TB
Tidak didukung

 Tabel berikut berisi informasi mengenai karakteristik dan fitur sistem berkas FAT
Karakteristik
FAT12
Panjang nama berkas maksimum
8.3 dalam sistem operasi MS-DOS,
hingga 260 karakter dalam sistem operasi Windows 32-bit
Fitur keamanan
Tidak ada
Fitur kompresi data
Tidak ada
Jumlah unit alokasi tabel alokasi berkas
12-bit (4096 buah)
Jumlah unit alokasi fisik tiap partisi
32680 sektor
Ukuran unit alokasi maksimum

Kisaran ukuran unit alokasi
512 byte hingga 2048 byte
Ukuran partisi maksimum
32 MB
Ukuran berkas maksimum

Jumlah berkas tiap partisi

Jumlah berkas maksimum dalam direktori akar

Saran penggunaan
Media penyimpanan kurang dari 16 MB

 
Berikut ini merupakan tabel ringkasan FAT12

Attribute Atribut
FAT12 FAT12
Digunakan Untuk
Floppy dan sangat kecil volume hard disk
Ukuran Setiap Entry FAT
12 bit
Maksimum Jumlah Cluster
4,086
Ukuran Cluster Digunakan
0,5 KB sampai 4 KB
Volume Maksimum Ukuran
16,736,256

Komentar