SDLC



SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)

Secara umum, diketahui bahwa dalam suatu siklus pengembaangan perangkat lunak terdapat empat proses utama, yaitu :

  1. Plan (Menyiapkan rencana) Mendefinisikan tujuan serta menentukan strategi dan metode yang mendukung pencapaian tujuan
  2. Do (melaksanakan rencana) Melaksanakan kondisi dan kinerja yang penting untuk melaksanakan rencana
  3. Check (memeriksa hasil) Pemeriksaan dilakukan untuk menentukan apakah perkembangan pekerjaan sesuai dengan rencana dan apakah hasil yang diharapkan telah terwujud
  4. Action (mengambil tindakan yang penting) Jika ditemukan pekerjaan tidak sesuai dengan rencana dan hasil yang ditetapkan, maka dilakukan pengukuran tentang tindakan apa yang akan diambil

PENGUJIAN
Pengujian adalah proses untuk mengindentifikasikan ketidaksesuaian hasil sebuah sistem informasi dengan hasil yang diharapkan. Pengujian juga dapat berarti proses untuk mengecek apakah suatu perangkat lunak yang dihasilkan sudah dapat dijalankan sesuai dengan standar tertentu yaitu Standar instansi dan kebetuhan user.
  • Menurut Standar ANSI/IEEE 1059: (IEEE – Institute of Electrical and Electronics Engineering, ANSI – American National Standards Institute) Pengujian adalah proses menganalisa suatu entitas software untuk mendeteksi perbedaan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang diinginkan dan mengevaluasi fitur-fitur dari entitas software. 
  • Pengertian Pengujian yang dihubungkan dengan proses verifikasi dan validasi software, Pengujian adalah proses mengoperasikan software dalam suatu kondisi yang di kendalikan, untuk: 
  1. Verifikasi (menurut spesifikasi) adalah proses mengevaluasi suatu system/component untuk menentukan apakah suatu produk yang diselesaikan setelah fase pengembangan memenuhi kondisi seperti yang telah ditetapkan pada awal pengembangan (saat menentukan spesifikasi) perangkat lunak.  “ Are we building the product right?”, “Are we building the system right?”. 
  2. Mendeteksi error 
  3. Validasi, apakah spesifikasi yang telah ditetapkan sudah memenuhi keinginan atau kebutuhan dari pengguna yang sebenarnya. Validasi melihat kebenaran sistem, apakah proses yang telah ditulis dalam spesifikasi adalah apa yang sebenarnya diinginkan atau dibutuhkan oleh pengguna. “Are we building the right system?”, “Are we building the right product?”

Tujuan Pengujian
  1. Menemukan sebanyak mungkin masalah (error) dan memperbaikinya 
  2. Dapat mengungkap kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya
  3. Tidak untuk memastikan tidak adanya kesalahan
  4. Mencari sebanyak mungkin kesalahan yang ada
  5. Untuk mendapatkan informasi yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
a.   Apakah software telah siap digunakan?
b.   Apa saja resikonya?
c.   Apa saja kemampuannya?
d.   Apa saja keterbatasannya?
e.   Apa saja masalahnya?
f.    Apakah telah berlaku seperti yang diharapkan?


Sumber :  Software Development Life Cycle (SDLC).pdf

Komentar