White Box Testing

Pengujian white box (glass box) adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detil perancangan. Menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. Tujuan penggunaan white box testing adalah untuk menguji semua statement program. Penggunaan metode pengujian white box dilakukan untuk:

  • Memberikan jaminan bahwa semua jalur independen suatu modul digunakan minimal satu kali.
  • Menggunakan semua keputusan logis untuk semua kondisi true atau false.
  • Mengeksekusi semua perulangan pada batasan nilai dan operasional pada setiap kondisi.

METODE WHITE BOX TESTING 


  1.  PENGUJIAN BASIS PATH
    Pengujian basis path adalah pengujian white box memungkinkan penguji dapat mengukur kompleksitas logis dari desain procedural. Digunakan sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi.
a.  NOTASI DIAGRAM ALIR
Notasi Diagram Alir atau grafik program adalah notasi yang digunakan untuk menggambarkan jalur eksekusi, yang menggunakan notasi lingkaran (simpul atau node) dan anak panah (link atau edge). Notasi ini menggambarkan aliran kontrol logika yang digunakan dalam suatu bahasa pemrograman.
b.  KOMPLEKSITAS SIKLOMATIS
Kompleksitas Siklomatis adalah metrics perangkat lunak yang memberikan pengukuran kuantitatif terhadap kompleksitas logis suatu program. Nilai yang didapat akan menentukan jumlah jalur independen dalam himpunan path. Jalur independen adalah jalur yang terdapat dalam program yang mengintroduksi sedikitnya satu rangkaian pernyataan proses atau kondisi baru. Memastikan bahwa semua pernyataan telah dieksekusi sedikitnya satu kali.

2. PENGUJIAN STRUKTUR KONTROL
a.  Pengujian Kondisi
Pengujian kondisi menggunakan kondisi logis sederhana yang terdapat dalam program. Kondisi sederhana dengan menggunakan variable Boolean, dengan bentuk persamaan.
E1 (operator-relasional) E2
Bila suatu kondisi tidak benar, maka akan terdapat paling tidak satu komponen dari kondisi yang salah.
b.   Pengujian Aliran Data
Metode pengujian aliran data melakukan pengujian dengan mengggunakan definisi variable dalam program. Digunakan untuk melindungi kesalahan dan memiliki cakupan pengukuran dan pemilihan jalur uji yang kompleks.
c.   Pengujian Loop Sederhana 
  1.     Hanya terdapat satu jalur yang melewati loop 
  2.    Suatu variable akan melewati loop jika bernilai lebih besar dari  nilai yang ditentukan 
  3.     Mengabaikan keseluruhan loop

Sumber : White Box Testing.pdf
 


Komentar