Langkah Menuju Bank Mantap

04 November 2016, tiba-tiba handphone saya berdering. Disitu tertera kode area nomor telepon 031 yang berarti kode telepon Surabaya. Dalam hati saya berkata mudah-mudahan ini dari Bank Mantap, setelah tiga minggu yang lalu tepatnya 10 Oktober 2016 saya memasukkan berkas rekrutmen di Bank Mantap. Dan ternyata setelah saya angkat adalah benar telepon dari bank mantap yang menginformasikan bahwa saya dipanggil interview di Bank Mantap Sidoarjo. Saya langsung bersyukur kepada Allah setelah saya diberikan kesempatan untuk mengikuti interview ini.


06 November 2016, saya berangkat dari daerah asal saya Medan Sumatera Utara menuju Surabaya Jawa timur, berharap terjadi perubahan dalam hidup saya terutama saya bisa bekerja. Karena setelah lulus kuliah pada bulan Mei 2016 yang lalu saya ingin bekerja untuk membahagiakan kedua orang tua saya. Saya meminta doa restu kepada kedua orang tua saya supaya jalan saya menuju Surabaya ini diberkahi oleh Allah.

07 November 2016, hari ini senin jam 09.00 WIB saya dipanggil tes interview di Bank Mantap. Mantap disini kepanjangannya Bank Mandiri Taspen Pos. Bank Mantap dulunya merupakan PT. Bank Sinar Harapan Bali, tapi sekarang seiring dengan keluarnya ijin dari Otoritas Jasa Keuangan maka PT. Bank Sinar Harapan Bali secara resmi berganti nama menjadi PT. Bank Mandiri Taspen Pos yang mana nama baru tersebut mencerminkan pemilik dari Bank Mandiri Taspen Pos yaitu PT Bank Mandiri (persero) Tbk, PT Taspen (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero). Kegiatan usaha PT. Bank Mandiri Taspen Pos fokus di  segmen pensiunan dan UMKM. Saya senang sekali bisa diberi kesempatan untuk dipanggil interview. 

Pada saat interview banyak pertanyaan dilayangkan kepada saya, yaa saya jawab jujur, misalnya salah satunya pada saat itu pewawancara bertanya kepada saya apakah tugas seorang teller, customer service, dan general affair itu ? saya jawab tugas seorang teller adalah memberikan pelayanan bagi nasabah atau calon nasabah di sebuah bank. Pada saat nasabah datang seorang teller mengucapkan salam (Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore) kemudian bertanya pada nasabah apa yang bisa saya bantu. Apabila nasabah ingin menyetor uang, sebelum dimasukkan ke dalam sistem teller menyebutkan dahulu nama penerima dan jumlah uang yang disetor. Kemudian setelah selesai teller memberikan resi pengiriman kepada nasabah, dan mengucapkan terima kasih dan mengucapkan salam kembali.

Seorang customer service tugasnya adalah memberikan pelayanan kepada nasabah sedetail-detailnya. Apabila nasabah bertanya apa yang menjadi masalahnya, seorang customer service harus memberikan penjelasan kepada nasabah sampai nasabah tersebut mengerti dan puas terhadap pelayanan kita.

Dan tugas seorang general affair adalah mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan kepegawaian atau segala hal di perusahaan yang bersifat umum, misalnya pegawai yang cuti, pembelian aset kantor (misalnya pembelian ATK, furniture, dll), mengurus pemeliharaan aset kantor (misalnya jadwal perbaikan atau service mobil operasional kantor, maintenance gedung kantor, dsb.). Berhubungan dengan pihak ketiga dalam perjanjian jual beli atau sewa menyewa (misalnya mengurus perjanjian perpanjangan sewa ruang kantor), mengatur jadwal atau agenda kedatangan tamu perusahaan (misalnya untuk booking hotel, booking tiket pesawat, mengatur jadwal kunjungan, dsb.) Mengatur akomodasi untuk perjalanan dinas pegawai kantor. 

Walaupun saya seorang fresh graduate saya akan belajar dan berusaha bekerja sebaik mungkin. Saya sangat berharap bisa bergabung dan berkembang dengan bekerja di perusahaan ini. Semoga setelah interview tahap awal ini, saya bisa lolos dan mengikuti tahap-tahap tes selanjutnya. Dan saya berharap semoga saya bisa diterima dan bergabung bekerja di perusahaan ini.

15 November 2016. Seminggu kemudian tepatnya hari ini saya dapat panggilan tes interview lagi. Kali ini di PT. Bank Mandiri Taspen Pos Surabaya. Saya fikir yang menginterview saya hanya satu orang, tapi ternyata dua orang sekaligus. Waw.. baru pengalaman pertama ini saya diinterview dua orang sekaligus. Awalnya deg-degan, tapi karena yang menginterview santai, akhirnya proses interview juga berjalan santai dan lancar. Materi yang diinterview juga masih seputaran diri kita sendiri. Semoga setelah ini saya dapat mengikuti tes tahap selanjutnya lagi dan bisa diterima di perusahaan ini.

Komentar

  1. manfaat banget sharingnya kak,
    kak saya mau sharing jg nih kemarin udah daftar bank mantap
    saya udah tes wawancara,psikotes dan cek kesehatan,
    nah alhamdulillah saya sudah keterima tp blm masuk kak
    yg bikin galau saya seperti di bikin down , beliau bilang klok di bank itu berat dan gaji nya sedikit, tidak ada penambahan.

    selama ini kakak di bank mantap gimana ?

    BalasHapus
  2. hallo mau tanya dong , sy juga sdh ikut seleksi , smpai medical check up . mandiri taspenpos BUMN tidak ya ??

    BalasHapus
  3. Terimakasih sharingnya kak. Kak boleh kah aku minta alamat email kakak? Buat tanya-tanya soal bank mantap kak😊

    BalasHapus
  4. 3 nama yang dapat memberikan referensi tentang anda ini diisi apa ya??????

    BalasHapus
  5. Interview nya pke bhsa inggris ya?

    BalasHapus
  6. Kalo kisi2 psikotesnya gimana kak

    BalasHapus
  7. Kak aku udah interview tahap awal udh 2 mnggu masih belum belum di panggil juga

    BalasHapus

Posting Komentar