Apa sih Bitcoin itu ?


Hai readers, baru-baru ini aku baru mendengar kata “Bitcoin”. Mungkin kata “Bitcoin” udah fenomenal dari beberapa tahun yang lalu dan bagi orang finance Bitcoin adalah hal biasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Tapi bagi aku yang nggak ada basic sama sekali dibidang ini, tentu itu sangat membingungkan.

Sebenarnya apa sih Bitcoin itu ?

Logo Bitcoin

“Bitcoin adalah mata uang digital (cryptocurrency) yang merupakan alat pembayaran digital yang menggunakan teknologi Block Chain”.

Bitcoin pertama kali keluar secara umum yaitu pada Januari 2009, oleh Satoshi Nakamoto dengan judul karya ilmiahnya "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System". Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan peer to peer ke jurnal transaksi dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya.


Dikutip dari laman Tempo.co pada 20 Februari 2014, Chief Executive Officer Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan menjelaskan pada dasarnya Bitcoin merupakan e-money seperti halnya perfect money dan paypal. Namun kedua mata uang tersebut beredar dengan server yang mengaturnya, sedangkan dalam peredaran Bitcoin tidak ada server yang mengaturnya dan seluruh komputer pengguna merupakan server Bitcoin.

Seperti yang kita ketahui setiap institusi jasa keuangan (termasuk bank) pasti memiliki buku akuntansi. Pastinya ada waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menjalankan transaksi tersebut. Itu sebabnya kita (customer) dikenai biaya tambahan (charge). Sedangkan Bitcoin mengganti dan mengubah sistem buku-buku kas tersebut ke dalam satu sistem akuntansi global, yang mana manfaatnya adalah mengurangi waktu dan biaya.

Bitcoin-bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu bitcoin-bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin.


Karakteristik Bitcoin :


  • Bitcoin adalah sistem pembayaran, sama seperti metode transfer bank atau kartu kredit. Bitcoin adalah satu sistem kas yang melakukan sinkronisasi di seluruh internet, jadi semua orang dapat mengakses akun kas yang sama secara real time terlepas siapa dan dimana ia berada. Hasilnya uang dapat ditransfer dari satu pihak ke pihak lainnya tanpa keterlambatan dan biaya yang sangat tinggi. Sistem pembayaran Bitcoin digunakan sama seperti uang biasa, misalnya mengirim uang ke teman dan keluarga,  beli barang online, dan sebagainya. Bitcoin adalah mata uang global pertama di dunia dan mengalami lonjakan dengan nilai yang fantastis.
  • Bitcoin mirip seperti emas, maka dari itu banyak orang menyebut Bitcoin sebagai “Emas Digital” atau “Emas 2.0”.
  • Bitcoin adalah internetnya uang. Sama seperti internet karena tidak ada satupun orang yang mengontrolnya, jadi siapapun dapat menggunakannya sesuai keinginan mereka.


Cara Untuk mendapatkan Bitcoin:


  • Menjual barang dan jasa, dan meminta orang membayar dalam Bitcoin.
  • Membeli dari broker Bitcoin terpercaya atau penyedia layanan Exchange, mirip seperti ketika kita membeli mata uang atau saham asing di bank secara online.
  • Melakukan penambangan (mining). Cara ini sulit dilakukan orang biasa karena kebanyakan penambangan dilakukan oleh perusahaan besar dengan alat yang canggih dan sangat mahal, sehingga sulit bagi orang atau komputer biasa untuk bersaing dengan perusahaan tersebut.

Cara Kerja Bitcoin


Cara kerja Bitcoin berdasarkan software matematika. Dalam Bitcoin dikenal sebutan miner, user, dan calculation software. Seperti halnya penambang emas, penambang Bitcoin merupakan perusahaan atau perorangan yang mempunyai calculation software tersendiri yang terhubung dengan sistem server Bitcoin. Software yang dimiliki oleh miner itu akan mengeluarkan algoritma matematika yang akan menebak angka dari algoritma matematika tersebut. Sedangkan user merupakan para exchanger seperti Bitcoin Indonesia atau perorangan yang berinvestasi dengan Bitcoin.


Seluruh sistem yang ada di Bitcoin dapat digunakan gratis. Sistem peredarannya dijamin aman karena tidak akan bisa dimodifikasi oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab, sebab calculation software Bitcoin menggunakan sistem blockchain yang diproses secara peer-to-peer dan tidak terpusat (decentralize). Dengan demikian tidak memungkinkan software dimodifikasi karena database telah dibagi rata. Pada saat ada komputer yang berusaha mencurangi software, secara otomatis software akan menganggap komputer itu bukan bagian dari Bitcoin karena memiliki software berbeda. Kemudian wallet milik pengguna yang curang juga akan terdeteksi sebagai bukan bagian dari Bitcoin. Software tersebut tidak akan bisa memecahkan algoritma matematika karena transaksi bersifat satu arah.


Demikian penjelasan mengenai Bitcoin. Semoga bermanfaat yaa..



Referensi :

Komentar