9 Tips Agar Membaca Buku Jadi Menyenangkan



Hai readers…

Kita semua pasti setuju kalau buku itu adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Oleh karena itu siapa yang suka dan gemar membaca pastilah wawasan dan pengetahuannya sangat luas. Buku adalah sumber informasi yang sangat penting di kehidupan kita. Dengan membaca buku kita dapat mengetahui apa saja informasi mengenai dunia ini.

Namun kebiasaan membaca buku sekarang mulai ditinggalkan bahkan sudah tidak digemari lagi oleh sebagian orang karena dianggap suatu kegiatan yang membosankan. Padahal banyak banget manfaat dari membaca buku diantaranya nih :

  • Dengan kita membaca buku akan meningkatkan kualitas hidup serta menjauhkan kita dari kebodohan.
  • Dengan membiasakan membaca buku, koran, majalah, atau media lainnya, membuat kita jadi terlatih untuk memusatkan pikiran dan merangsang saraf otak untuk bekerja lebih kritis.
  • Meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat.
  • Melatih otak kita agar dapat lebih fokus dalam melakukan berbagai kegiatan atau rutinitas keseharian.
  • Mengurangi stress.
  • Mendapatkan informasi dan ilmu baru.

Dibanding dengan membaca buku, kebanyakan orang lebih memilih untuk menonton televisi karena menonton televisi terlihat lebih menyenangkan. Apalagi sekarang internet dan sosial media (facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya) membuat kegiatan membaca buku semakin ditinggalkan dan tidak digemari lagi. Tapi tidak semua orang menganggap membaca buku itu membosankan kok. Bagi sebagian orang ada juga yang menganggap membaca buku termasuk menyenangkan. Nah kalau kalian termasuk yang mana ? Membaca buku itu membosankan atau menyenangkan?

“Buku adalah jendela dunia”

Pada tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional.
“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas” – Mohammad Hatta

Untuk sebagian yang menganggap membaca buku adalah kegiatan yang membosankan mungkin belum menemukan cara aja agar kegiatan membaca buku tersebut jadi menyenangkan. Nah berikut ini adalah tips-tips yang bisa kita lakukan agar membaca buku nggak jadi hal yang membosankan lagi.

Pilih Topik atau Buku Yang Disuka

Setiap orang mempunyai minat dan kesukaan dan pastinya akan sangat senang jika melakukan sesuatu hal yang disenangi. Begitu juga dengan membaca buku. Pilihlah buku bacaan dengan topik yang sesuai dengan minat dan kesukaan kita sehingga kita akan terus terpacu untuk  menyelesaikan membaca buku tersebut.

Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Membaca

Pilihlah waktu senggang atau santai dimana kita nggak melakukan hal apapun dan perasaan kita saat ingin membaca buku itu tenang (nggak dalam keadaan sedih atau marah). Dengan begitu kita dapat merasakan kata per katanya, mencoba masuk ke dalam ceritanya sehingga kita bisa merasakan seolah-olah kita berada didalam cerita tersebut.

Posisi Yang Nyaman

Bagaimana posisi yang nyaman untuk membaca buku ? Setiap orang pasti berbeda-beda yaa. Ada yang sambil berdiri, sambil tengkurap, sambil duduk, sambil tiduran. Kalau aku duduk sambil bersandar di bantal yang besar dan empuk dan kaki diluruskan. Hihihihi

Suasana Yang Tenang

Suasana yang tenang bisa dimana aja. Di kamar, di ruang tamu, di ruang keluarga, di kafe, di taman, atau dimana aja asal nggak berisik. Suasana yang nyaman dan tenang bisa membuat seseorang nggak gampang bosan dan ngantuk serta bisa dengan mudah memahami isi dari buku tersebut. Kalau tempat ternyamanku adalah di kamarku sendiri. Hihihi

Coret-Coretlah Buku, Membaca Sambil Berpikir

Coret-coretlah buku agar ide yang ada di dalam buku tersebut bisa dikembangkan. Bukan untuk merusak buku tapi sebuah pengembangan pikiran atau ide. Atau ada kalimat-kalimat yang penting yang harus diingat untuk diaplikasikan kekehidupan nyata kita. Biasanya aku menuliskan kalimat-kalimat disetiap akhir bab buku karena biasanya diakhir bab ada space yang kosong jadi aku coret-coret tuh. Jadi setiap bab yang aku baca ada kesimpulannya.

Jangan Dipaksakan Menghabiskan Satu Buku

Kita boleh berhenti membaca apabila kita sudah mulai lelah membaca. Kita bisa menandai sampai dimana halaman terakhir bacaan kita dan kita lanjutkan kalau kita sudah merasa ada waktu yang tepat dan perasaan yang tenang untuk memulai melanjutkan membaca kembali. Setiap orang memiki pengalaman yang berbeda dalam membaca satu buku.

Ala Bisa Karena Biasa

Untuk memulai kebiasaan membaca, kita mulai dari bacaan yang ringan dan mudah dimengerti dan perlahan-lahan beralih kebacaan yang lebih serius. Membiasakan otak mencerna kalimat-kalimat dalam buku, perlahan kognitif seseorang akan bertambah dan dapat mencerna, memproses, dan menyimpan informasi yang didapat dari membaca.

30 Menit Per Minggu

Menurut penelitian yang dilakukan Quick Reads, menyisihkan 30 menit dalam seminggu untuk membaca (buku, majalah, koran, dan media lainnya) memberikan dampak positif bagi pembacanya diantaranya memberikan rasa senang, mengurangi kemungkinan stress, serta dapat tidur lebih nyenyak di malam hari. Jika kita suka insomnia, nah sebelum tidur ada baiknya membaca buku dulu, karena apabila mata kita udah lelah pasti kita akan cepat tertidur.

Cari Teman Yang Suka Membaca

Biar semangat membaca bukunya, carilah teman yang juga suka membaca. Kita bisa membahas masalah buku-buku yang pernah dibaca, diskusi-diskusi, dan mengembangkan ide-ide kreatif. Bisa juga kita ajak ke perpustakaan atau ke toko buku bareng.

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu kalian untuk rajin membaca buku yaa. Ayo kita tumbuhkan kembali minat membaca buku kita. Karena dengan membaca buku hidup kita terasa menjadi lebih berwarna dan bermakna.

Thanks for reading…

Komentar