Bahaya ! Ini Akibatnya Kalau Kamu Sering Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dulu


Assalamualaikum

Hai readers…

Membeli baju baru sesuai dengan gaya dan karakter kita memang menjadi hal yang paling menyenangkan. Apalagi biasanya kita merasa nggak sabar untuk memakainya. Tapi pernah nggak kalian langsung memakai baju baru itu tanpa mencucinya terlebih dahulu ? Kalau kalian pernah atau bahkan sering, saatnya kalian hentikan kebiasaan buruk ini. Meski memang belum pernah dipakai, baju baru menyimpan bermacam - macam potensi masalah kesehatan yang nggak kita sadari.  Loh kok bisa ?

Sumber : Thinkstock

Yupp… Saat pakaian dikirim dari pabrik menuju toko, biasanya paket berisi pakaian itu diberi bahan kimia biar jamur nggak akan tumbuh selama proses pengiriman dan juga untuk menjaga produk-produk pakaian agar kualitasnya tetap bagus saat didistribusikan. Adanya bahan kimia yang menempel dibaju baru tersebut dapat membuat kulit menjadi iritasi. Iritasi ini dapat menyebabkan masalah buruk pada kesehatan kulit seperti dermatitis atau ruam merah gatal, apalagi orang yang memiliki kulit sensitif dan orang yang sedang memiliki imunitas rendah.

Apa saja bahan kimia berbahaya yang ditemukan pada baju baru ?

  • Chromium IV: sering ditemukan pada bahan kulit dan wol yang dapat menyebabkan kontak dermatitis.
  • DMF: digunakan untuk mencegah jamur dan produk pakaian dari kulit menjadi lembab. DMF dapat menyebabkan eksim yang sulit diobati.
  • Alkofenon: digunakan untuk produksi tekstil dan kulit, merupakan zat yang beracun bagi lingkungan
  • Pewarna dispersi: yang bisa menyebabkan alergi dan ruam.
  • Pewarna azo: sering digunakan dalam proses pewarnaan tekstil.
  • Formalin: digunakan untuk proses finishing kain. Paparan rendah zat ini mengiritasi mata, hidung, tenggorokan dan bisa menyebabkan alergi yang mempengaruhi kulit dan paru-paru.
  • Fenol terklorinasi: digunakan dalam pengolahan tekstil. Kontak dengan bahan ini terutama dalam bentuk uap bisa mengiritasi kulit, mata, dan mulut.
  • Formaldehyde: berfungsi mencegah baju kusut atau berkerut. Zat ini bisa memicu timbulnya eksim dan peradangan kulit, meningkatkan risiko alergi bahkan memicu kanker kulit.

Baju yang dijual di toko atau di mall meskipun baru tidak berarti bersih dan terbebas dari kuman bahkan baju mahal sekalipun. Karena terpapar di ruang terbuka, bersentuhan dan dicoba dengan banyak orang, akses bertukar kuman menjadi sangat besar. Apalagi sebelum membeli baju tersebut pembeli mencoba terlebih dahulu baju tersebut. Jika satu orang mencoba 2 sampai 3 baju, berapa kali sebuah baju itu dicoba dalam sehari, belum lagi kalau baju itu belum laku terjual bisa-bisa setiap hari dicobain.

Seberapa bahayakah memakai baju baru yang belum dicuci ?

Para ahli memperingatkan adanya potensi resiko kontaminasi virus dan bakteri dari baju baru mulai dari yang menyebabkan flu, infeksi jamur, sampai ruam kulit. Kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori kulit. Selain itu, ketika kita berkeringat pori-pori bakal terbuka sehingga bikin patogen penyebab penyakit bisa masuk lebih mudah. Itu sebabnya mencuci baju penting untuk dilakukan.

Profesor Dermatologi Donald Belsito dari Columbia University Medical Center, dikutip dari Daily Mail menegaskan, cara terbaik menghindari penyebaran penyakit kulit lewat pakaian adalah mencuci baju baru terlebih dahulu sebelum dipakai. Selain bisa terkena kuman atau iritasi karena baju yang sudah dicoba berbagai macam orang, kulit juga bisa bermasalah akibat bahan kimia yang digunakan pada tekstil. Bahan kimia, residu pewarna tekstil dan bahan pengawet biasanya masih mengendap pada kain baru. Jika terkena kulit langsung, bahan kimia pada baju bisa menimbulkan iritasi. Apalagi pada kulit yang sensitif.

Dr. Tierno dikutip dari iDiva mengatakan bahwa baju baru bisa membawa bakteri yang berbahaya bagi pernafasan, daerah kewanitaan, jamur pada kulit, dan lain sebagainya. Menurut penelitian yang telah dilakukan, bakteri-bakteri tersebut biasanya akan ditemui di area ketiak, paha bagian atas, atau juga leher. Bakteri juga sangat mungkin ditemukan pada pakaian dalam atau handuk.

Inilah kenapa kita harus benar-benar mencuci bersih terlebih dahulu baju yang baru kita beli agar kita terhindar dari masalah yang mengganggu kesehatan dan juga selalu mencuci baju baru sesuai petunjuk cara pencuciannya untuk mencegah bahan cepat rusak.


Semoga bermanfaat yaa.
Thanks for reading.



Referensi : Dari berbagai sumber

 

Komentar