Palapa Ring, Akses Internet Ke Seluruh Indonesia


Hai readers

 

Kalian udah tau Palapa Ring belum ? Kalau udah, wah berarti aku yang gaptek yaa karena aku baru tau beberapa bulan belakangan ini padahal prosesnya udah dimulai dari tahun 2016 lalu. Kemajuan teknologi berkembang pesat yaa, kalau nggak diikuti yaa gini jadinya gaptek. Hihihi. Sebenarnya apa sih Palapa Ring itu ? Apa saja manfaatnya ? 

 
Sumber : BP3TI Kominfo

 

Palapa Ring

 

Terinspirasi dari sejarah bangsa, pemerintah Indonesia menggunakan “Palapa Ring” sebagai nama proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung bagi telekomunikasi nasional.

 

“Selama aku belum menyatukan Nusantara, aku takkan menikmati palapa. Sebelum aku menaklukkan Pulau Gurun, Pulau Seram, Tanjungpura, Pulau Haru, Pulau Pahang, Pulau Dompo, Pulau Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, aku takkan mencicipi palapa."

(Sumpah Palapa - Patih Gajah Mada)


Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 36.000 kilometer dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Proyek Palapa Ring terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya serta delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengelilingi Indonesia baik lewat dasar laut atau pun lewat daratan.

Proyek Palapa Ring mengintegrasikan jaringan yang sudah ada (existing network) dengan jaringan baru (new network) pada wilayah timur Indonesia (Palapa Ring Timur).

Apa saja manfaat dari Palapa Ring ?

Palapa Ring diharapkan dapat memberikan manfaat diantaranya :
  • Untuk masyarakat di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) untuk dapat merasakan kualitas internet yang sama dengan kota-kota lainnya di Indonesia
  • Kementrian Kominfo melalui BAKTI juga akan memberikan program akses internet gratis untuk masyarakat yang dapat diakses di sekolah, puskesmas, dan fasilitas publik lainnya.
  • Memberikan peluang bisnis baru bagi industri Usaha Kecil Menengah (UKM) di pelosok daerah
  • Meningkatkan pendidikan melalui fasilitas internet
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat kegiatan ekonomi digital
  • Mengatasi kesenjangan infrastruktur telekomunikasi diseluruh penjuru nusantara


Selain itu manfaat Palapa Ring untuk Pelajar Indonesia adalah :
  • Dapat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan internet berkecepatan tinggi
  • Mengoptimalkan kecepatan public wi-fi di sekolah dan area publik lainnya


Sedangkan manfaat untuk Guru dan Pemerintah adalah :
  • Meningkatkan koordinasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dengan lebih murah dan cepat
  • Mengoptimalkan kecepatan internet yang ada untuk memudahkan pelaporan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar

Proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet yang menjangkau Indonesia wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur. Palapa Ring terdiri dari tiga paket pengerjaan, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

Sumber : google.com


Palapa Ring Paket Barat

Proyek Palapa Ring Paket Barat menjangkau Provinsi Riau, Kepulauan Riau sampai Natuna, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Wilayah tersebut merupakan wilayah yang dianggap tidak layak secara finansial. Proyek Palapa Ring Barat merupakan jaringan kabel serat optik di bawah laut dan daratan sepanjang kurang lebih 2.200 km.

Palapa Ring Paket Tengah

Proyek Palapa Ring Paket Tengah  menghubungkan 17 kota atau kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

Palapa Ring Paket Timur

Proyek Palapa Ring Timur  menjangkau 35 kabupaten atau kota yang tersebar dan menjangkau wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur (2 Kabupaten), Maluku (3 Kabupaten), Papua (23 Kabupaten), dan Papua Barat (7 Kabupaten). Total panjang jaringan yaitu 4.450 km, yang terdiri dari sub marine cable sejauh 3.850 km dan land cable sepanjang 600 km dengan landing point sejumlah 15 titik pada 21 kota/kabupaten. Jaringan tersebut berkapasitas 100 GB (Upgradeable 160 GB) dengan mengusung konsep ring, dua pair (empat core). 

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan pada tahun 2019, seluruh kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan internet berkecepatan tinggi. Dan menargetkan konstruksi proyek Palapa Ring rampung dibangun akhir 2018. 

Wah berarti seluruh Indonesia sudah bisa merasakan kecepatan akses internet yang sama ditahun 2019 nanti. Nggak ada lagi yang namanya “nggak ada sinyal” jika kita pergi ke suatu daerah terpencil. Apalagi sekarang zamannya media sosial yang membutuhkan kecepatan internet yang stabil.

Nah mungkin seperti itulah sedikit gambaran mengenai Palapa Ring. Kalau ada yang salah atau kurang mohon diperbaiki dan dishare di kolom komentar yaa readers.

Sekian informasi dari aku semoga bermanfaat.
Thanks for reading


Referensi : wikipedia, kominfo, liputan6


Komentar