Seperti Apa Kecanggihan "Smart Pasar" Pondok Indah Jakarta Selatan ?


Hai readers

Teknologi digital di zaman millenial ini semakin lama semakin canggih yang membuat perubahan besar terhadap dunia. Berbagai macam teknologi digital semakin maju dan bermunculan. Salah satu manfaat besar dari adanya teknologi digital ini yaitu semakin dimudahkannya dalam mengakses suatu informasi, ditambah lagi sekarang teknologi digital sudah mulai masuk ke dalam dunia bisnis mulai dari produksi, manajemen produksi, hingga pemasaran online.


Online Marketing (Sumber: inetsolution.org)

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 2 Juni 2018 kemarin Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meluncurkan “Smart Pasar” hasil kerja sama antara Perusahaan Daerah Pasar Jaya, PT Telkom Indonesia dan Perkumpulan Gerakan OK OCE di kawasan Pasar Pondok Indah Jakarta Selatan.

Program smart pasar ini merupakan bagian dari program unggulan One Kecamatan One Centre Entrepreneurship (OK OCE) di kawasan Pasar Pondok Indah Jakarta Selatan yang mengusung konsep cashless atau menggunakan uang non tunai untuk berbelanja.

Jadi hampir semua aktivitas transaksi jual beli dan fasilitas yang ada di smart pasar Pondok Indah ini menggunakan teknologi digital.

Fasilitas yang ada di smart pasar Pondok Indah ini yaitu tersedianya website E-Pasar untuk mendata pedagang dan barang dagangan, informasi transaksi terintegrasi bagi pedagang yang dapat diakses online.

Dengan adanya smart pasar ini, transaksi jual beli dilakukan secara online melalui ponsel. Penjual juga harus memiliki aplikasi OK OCE Genius di ponselnya dan pembeli harus memiliki aplikasi T-Money di ponselnya.


Aplikasi OK OCE Genius untuk Penjual
Aplikasi untuk memulai menjadi pengusaha dengan kemampuan membeli pulsa, bayar tagihan, voucher game, dan lainnya. Aplikasi ini adalah milik PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

(Sumber: google.com)

Aplikasi T-Money untuk Pembeli

t-money adalah layanan uang elektronik (electronic money) dari PT. Telkom Indonesia. Transaksi t-money dapat dilakukan melalui web dan aplikasi mobile. Sebagai layanan uang elektronik, t-money dapat diisi ulang (Top Up) untuk digunakan sebagai alat transaksi pembayaran atau pembelian pada berbagai jenis merchant (multi merchant).

(Sumber: google.com)


Cara kerjanya pembeli memilih terlebih dahulu barang yang akan dibeli, kemudian penjual akan memotret kode matriks dua dimensi atau Quick Response/QR Code yang tertera di aplikasi pembeli untuk memasukkan total harga ke dalam aplikasi. Harga tersebut nanti muncul di aplikasi T-Money pembeli dan saldo akan langsung berkurang sesuai harga yang harus dibayar.

Apa saja teknologi yang terdapat di dalam “Smart” Pasar Pondok Indah ini  ?

Pembayaran Non Tunai

Penggunaan QR Code untuk pembayaran diyakini memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Transaksi ini juga mendukung pemerintah yang giat menjalankan program non tunai dimasyarakat. Untuk itu mulai diperkenalkan mekanisme penggunaan uang elektronik sebagai alat transaksi pembayaran.

Selain itu pembeli tidak perlu repot lagi menyiapkan uang tunai untuk belanja dan penjual juga tidak perlu repot untuk menyiapkan kembalian. Apalagi sekarang banyak yang merasa dimudahkan dengan adanya transaksi non tunai ini. Transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi atau website secara online dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dan juga mengurangi resiko membawa uang tunai.

Wi-Fi

Smart pasar ini dilengkapi dengan teknologi Wifi yang bisa dinikmati penjual atau pengunjung pasar secara gratis loh. Wah jadi betah lama-lama berada di pasar modern ini… Hihihihi

Virtual Reality

Virtual Reality merupakan salah satu teknologi yang bisa membawa kita bermain tapi terasa seperti beneran berada dilokasi permainan tersebut. Yup itulah teknologi virtual. Teknologi canggih zaman now ini terdapat di salah satu sudut gedung pasar. Dengan peralatan mirip permainan paralayang lengkap dengan seat harness dan talinya, pengunjung bisa merasakan sensasi naik paralayang beneran, padahal itu hanya bayang-bayang virtual yang dirasakan melalui teknologi yang disisipkan melalui kacamata VR. Keren yaa readers. Di dalam pasar ada teknologi secanggih ini.

Teknologi Lampu

Smart pasar dilengkapi dengan tekonologi hemat energi. Lampu akan secara otomatis padam apabila tidak digunakan.

Nah itulah sekilas mengenai “Smart Pasar” yang baru saja diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Semoga kedepannya tidak hanya pasar Pondok Indah yang menerapkan smart pasar ini tapi pasar-pasar lainnya yang ada di Indonesia juga bisa menerapkan teknologi canggih berbasis digital seperti ini.

Semoga bermanfaat yaa. Kalo ada yang kurang atau salah, mohon diperbaiki dan di share di kolom komentar yaa, biar kita sama-sama belajar.

Thanks for reading…


Referensi : Wikipedia, Kompas, Tribun News, Wartakota Live

Komentar