Tips Memilih Wedding Photographer Agar Moment Pernikahan Terdokumentasi Sempurna


Pernikahan adalah momen terbesar dalam kehidupan manusia. Setiap orang ingin yang istimewa diacara pernikahannya. Setelah semua acara selesai, dokumentasi dalam bentuk foto dan videolah yang dapat mengulang kembali semua momen indah dan spesial tersebut.

Sumber : Pinterest

Disetiap pernikahan, pengantin dan keluarga besar pasti ingin foto-fotonya bagus, bisa dikenang, tangisan haru, pelukan mesra, dan tawa keluarga harus bisa dicapture dengan baik. Apalagi sekarang teknologi kamera dari waktu ke waktu terus berkembang sangat pesat, dari yang awalnya hanya foto atau video biasa yang kaku, bergeser ke arah wedding jurnalism atau istilah trendnya sekarang candid, itu loh kita difoto tanpa sepengetahuan kita, jadi foto kelihatan lebih lebih hidup, lebih natural, dan tidak begitu formal.

Maka dari itu dokumentasi tidak dapat dipisahkan dari acara apapun, apalagi untuk acara sakral dan istimewa seperti pernikahan. Kesalahan dalam memilih photographer bisa jadi masalah serius, karena momen yang seharusnya dapat diabadikan dengan indah dan istimewa, justru bisa jadi sebaliknya.

Tidak mudah untuk menentukan Wedding Photographer yang akan digunakan jasanya untuk acara pernikahan kita. Semuanya harus dipersiapkan jauh hari. Jika kita sudah menemukan paket foto pernikahan yang sesuai dengan keinginan segera booking jasa foto pernikahan tersebut sebelum photographernya di booking oleh orang diwaktu yang sama dengan acara pernikahan kita.

Namun sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa Wedding Photographer dan memberikan uang muka, kita harus tau tips-tips untuk memilih Wedding Photographer yang tepat untuk pernikahan kita.

Do's

1. Carilah Wedding Photographer Berpengalaman dan Profesional yang Sesuai dengan Budget Kita

Putuskan berapa budget yang kita punya, jangan memaksakan budget untuk bisa memakai seorang photographer hebat dan terkenal, tapi kita harus punya gagasan tentang apa saja yang bisa kita dapatkan dari jasanya. Kita juga bisa meminta referensi dari teman atau keluarga yang pernah memakai jasanya.

Seorang photographer harus mengerti urutan acara pernikahan baik tradisional maupun internasional dan yang pastinya harus berpakaian rapi layaknya professional, nggak mau dong kalo photographernya acakadul nggak karuan diacara pernikahan kita nanti.

2. Cek Portfolionya

Cari tahu secara lengkap tentang kualitas jepretannya melalui media sosialnya. Biasanya photographer sering mengunggah hasil jepretannya ke media sosial yang ia miliki, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau website, jadi kita lebih leluasa mencari tahu secara lengkap tentang kualitas photographer yang akan kita pakai jasanya.

Apakah hasil jepretannya sesuai dengan selera kita atau tidak, karena setiap wedding photographer mempunyai stylenya masing-masing. Photographer juga harus dapat memberikan masukan-masukan dan dapat mengarahkan pose-pose untuk kita sebagai pengantin maupun keluarga. Nggak mau kan kalau pada saat difoto kita terlihat kaku dan nggak luwes.

3. Tanyakan Secara Detail Biaya dan Fasilitas yang akan Kita Dapat

Penting untuk kita mengetahui fasilitas apa saja yang kita dapat, misalnya ukuran foto, resolusi cetakan foto, jumlah foto yang akan diterima, apakah mereka memberikan bonus, seperti gratis cetak foto beberapa lembar, bonus frame, atau gratis album foto. Apakah kita mendapatkan semua file fotonya atau masih harus membayar secara terpisah untuk masing-masing foto. Ada beberapa photographer memasang harga tambahan jika ingin mengambil semua hasil jepretan dan mencetak foto dengan resolusi tinggi.

Tanyakan juga berapa lama waktu untuk memproses cetakan foto baik dalam bentuk album maupun dalam bentuk file. Nggak mau kan kita kelamaan nunggu hasilnya.

Apabila kita ditawarkan paket foto pernikahan, kita teliti dulu apakah paket tersebut termasuk bestseller, mana tau bisa menjadi ukuran bahwa paket tersebut cukup bagus dan sesuai dengan budget kita.

4. Tanyakan Mengenai Cara Kerjanya Di Hari H

Kita harus tau bagaimana cara kerjanya pada saat hari H nanti. Baik team yang terlibat, backup plan jika photographer tersebut tiba-tiba berhalangan di hari H atau tiba-tiba peralatannya rusak, adakah biaya tambahan yang dikenakan jika acaranya berlangsung lebih lama dari kesepakatan, apakah photographer lain bisa ikut memotret, jam berapa photographer tiba di lokasi dan lain-lain yang berhubungan dengan cara kerjanya.

5. Diskusikan Mengenai Konsep Pernikahan

Diskusikan mengenai konsep pernikahan dan foto seperti apa yang kita inginkan. Jadi photographer akan berusaha menghasilkan foto-foto yang memenuhi permintaan kita.

6. Ketahui Apakah Akomodasi Perjalanan Sudah Termasuk Biaya atau Belum

Jangan sampai kita kaget saat photographer menagih biaya tiket pesawat dan hotel jika kita ingin menyelenggarakan pesta pernikahan di suatu tempat private dan jauh dari keramaian.

7. Simak Kontrak Kerja

Sebelum menandatangani kesepakatan, baca dengan teliti setiap poin yang tercantum dalam kontrak kesepakatan. Kita harus benar-benar memahami hal-hal yang menjadi kesepakatan kerjasama, misalnya down payment yang harus dibayarkan.

8. Pastikan Kita Mendapatkan Informasi Yang Jelas Atas Semua Layanan dan Hasil Yang Akan Didapat

Jangan sampai ada informasi yang terlewatkan untuk kita ketahui karena akan berdampak diakhir nanti.


Dont's

Kita jangan sampai salah memilih photographer hanya berdasarkan pada hal-hal yang belum tentu memiliki kualitas yang bagus, seperti hal-hal di bawah ini :

  1. Kantor atau studio yang bagus, mewah, dan besar.
  2. Harga yang termurah atau yang termahal.
  3. Atas dasar pertemanan, karena wedding photographer adalah profesi yang serius dan harus professional.
  4. Satu paket dengan katering, rias pengantin atau gedung. Tidak ada salahnya jika kita ingin satu paket tapi kita juga harus mengetahui bagaimana kualitasnya.
  5. Menunjukkan peralatan-peralatan yang mahal. Percuma jika peralatannya mahal tapi photographernya masih amatiran.
  6. Hasil penggarapan fotonya cepat selesai.

Nah itulah kira-kira yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa wedding photographer. Selain harus lebih jeli, kita juga harus sering berkomunikasi dengan photographer agar hasil yang diinginkan sesuai harapan. Untuk itu kita perlu memilih photographer terbaik untuk hari pernikahan kita nanti karena foto dan video menyimpan kenangan yang nggak akan bisa dilupakan.

Semoga bermanfaat yaa readers. Jika ada yang ingin ditambah atau diperbaiki, share di kolom komentar yaa.

Thank you for reading.


Referensi : thebridedept.com, rimma.co, dan berbagai sumber lainnya.



Komentar