Ketahui 12 Dampak Buruk Tidur Dekat Smartphone

Assalamualaikum

Hai readers…

Dijaman yang serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir nggak bisa lepas dari smartphone. Yupp smartphone menjadi suatu kebutuhan dijaman sekarang. Pernah nggak diantara kalian sebelum tidur mainin smartphone dulu ? Niatnya supaya bisa cepat tidur eh taunya malah nggak tidur-tidur, sekalinya liat jam udah tengah malam aja. Ini aku banget gini ini.



Sumber: Google

Ketika bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti kita nggak henti menatap layar smartphone mulai dari update medsos, stalking medsos (eits jangan stalking medsos mantan loh ya, nggak banget. Hihi), main game, mengirim pesan, memesan ojek online, atau mencari informasi, kini banyak orang yang sudah sangat ketergantungan dengan smartphone karena memudahkan kita untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Karena saking akrabnya bahkan sampai-sampai smartphone dibawa tidur, ditaroh di samping kepala atau malah di bawah bantal.

Dibalik kecanggihannya smartphone memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Smartphone memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang nggak menyadari akan bahayanya.

Tahukah kalian bahwa tidur dekat smartphone itu berbahaya? 


Dampak buruk tidur dekat dengan smartphone

Sakit kepala

Sakit kepala menjadikan kita sulit untuk fokus maupun melakukan beragam aktivitas.
Sumber: Google
  
Ini aku banget. Setiap aku ketiduran dan lupa naroh smartphone di meja, pas waktu bangun tidur pasti sakit kepala. Ternyata radiasi smartphone berupa gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, sampai muntah.

Kerusakan mata

Mata akan terpapar radiasi smartphone sehingga bisa menyebabkan kerusakan mata.
Sumber: Google

Terlalu lama menatap layar smartphone dan terkena cahaya birunya membuat retina mata menjadi tegang bahkan jika terlalu lama dapat menyebabkan katarak. Selain itu juga dapat menyebabkan pembuluh darah di mata menjadi pecah.

Menyebabkan Carpal tunnel syndrome

Sakit di pergelangan tangan.
Sumber: Google
  
Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal) adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk. Gejala yang muncul biasanya berkembang secara perlahan dan akan bertambah parah pada malam hari. Itu makanya kita sangat dianjurkan nggak memainkan smartphone sesering mungkin bahkan hingga larut malam.

Nggak bisa tidur nyenyak dan lama-lama bisa menyebabkan depresi

Depresi adalah keadaan perasaan yang merosot seperti muram, sedih, dan perasaan tertekan.
Sumber: Google

Cahaya biru smartphone bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang, padahal nyatanya sudah malam.

Mengurangi konsentrasi

Kurang tidur akan mengganggu konsentrasi, mengurangi daya nalar, serta gangguan mengingat.
Sumber: Google
  
Karena nggak bisa tidur nyenyak maka kualitas tidur kita jadi terganggu sehingga menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot jadi nggak maksimal. Akibatnya dipagi hari kita akan mengalami kurang konsentrasi, nyeri, dan nggak fokus sehingga pekerjaan kita jadi terbengkalai.

Menyebabkan kelelahan

Pernah nggak waktu kalian tidur tapi saat itu juga masih kepikiran smartphone ?
Sumber: Google

Meskipun kita tertidur, namun sesungguhnya kita masih tersadar dan masih mengingat beberapa hal yang terjadi ketika kita tertidur. Hal inilah yang membuat kita mengalami kelelahan ketika bangun keesokan harinya.

Obesitas

Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal.
Sumber: Google

Kurang tidur menyebabkan terganggunya hormon lain yang mengendalikan rasa lapar. Semakin sering terjaga hingga larut malam maka hormon tersebut akan berupaya untuk selalu memberikan sinyal untuk menambah energi dengan cara rasa lapar. Hal ini menyebabkan resiko obesitas.

Menghambat metabolisme tubuh

 
Tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal karena terpapar radiasi.
Sumber: Google

Bila seseorang terpapar radiasi smartphone maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan atau pun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.

Wajah lebih cepat keriput

Nggak mau kan kalau wajah kita cepat keriput padahal usia masih muda.
Sumber: Google

Radiasi yang dihasilkan akan terpapar secara langsung ke kulit kita dan mempengaruhi kesehatan kulit kita sehingga kulit lebih cepat keriput.

Terkena penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.
Sumber: Google

Radiasi smartphone bisa mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer.

Gangguan sel otak, tumor otak, kanker, dan serangan jantung

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi smartphone memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor.
Sumber: Google

Radiasi smartphone dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali kemudian menyerang jaringan terdekat yang bersentuhan langsung dengan smartphone, seperti kulit dan telingga sehingga anggota tubuh lainnya seperti perut juga dapat terpapar radiasi dan menyebabkan kanker, karena ketika tidur kita nggak sadar meletakkan smartphone di bawah tubuh dan menindihnya.

Selain itu juga beberapa kasus ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika ketika mendengar ponselnya berdering di tengah malam karena yang bersangkutan kaget sehingga mengalami serangan jantung.

Ponsel di bawah bantal bisa menyebabkan kebakaran

Ponsel yang diletakkan di kasur apalagi sambil dicharge dapat menyebabkan kebakaran.
Sumber: Google

Saat ngecharge, baterai akan cenderung cepat panas saat nggak sengaja kita taruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, atau bahan tebal lainnya, jika hal itu terjadi maka smartphone akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.


Apa yang harus kita lakukan untuk menghindari pengaruh buruk smartphone ?

  • Simpan smartphone jauh dari tempat tidur atau letakkan di furniture lain untuk memberikan jarak dari radiasi smartphone yang mungkin mengenai tubuh
  • Selama kita tidur, ubah mode smartphone menjadi airplane mode atau matikan smartphone.
  • Biasakan untuk tidak memainkan smartphone atau mengecek media sosial di atas jam 10 malam agar kita bisa tidur lebih tenang dan nyenyak.
  • Kurangi mengecek smartphone terlalu sering saat sedang bekerja, rapat, atau melakukan hal penting lainnya agar tetap fokus.

Nah itulah dampak buruk jika kita tidur dekat dengan smartphone. Apa kalian masih mau tidur dekat smartphone setelah mengetahui dampak buruknya ? yang pasti nggak dong yaa… Ayo kita jaga kesehatan kita, karena kesehatan lebih mahal dari apapun.

Thanks for reading…
Semoga bermanfaat.

Referensi : Dari berbagai sumber.









Komentar