Trik Mengatasi Kekhilafan Saat Berbelanja


Assalamualaikum readers

Pernah nggak sih pas mau belanja kalian bingung sebenarnya barang ini perlu dibeli atau nggak yaa ? Pernah nggak sih pas kalian pengen beli suatu barang tapi sebenarnya nggak terlalu butuh banget hanya karena pengen dan nafsu semata ? Disaat seperti itu ayo tekan tombol pause diri sendiri atau berikan jeda untukmu berpikir sejenak.

Belanja memang aktivitas yang sangat menyenangkan.
Nggak bisa dipungkiri ada rasa kepuasaan tersendiri saat berbelanja ^_^
Sumber Gambar : Google
  
Bagi beberapa orang khususnya kita sebagai wanita berbelanja merupakan sebuah bentuk terapi menghilangkan stress, melampiaskan rasa bosan atau kesal. Apalagi jika belanjanya sama teman-teman atau saudara yang memiliki hobi yang sama, sambil belanja sambil gossip. Wah bisa kalap belanjanya ! Sampe-sampe kita jadi gelap mata dan lupa dengan apa yang sebenarnya kita butuhkan.  

Ketika kita sampai di pusat perbelanjaan, seringkali niat belanja itu datang tiba-tiba nggak direncanakan akhirnya meracuni pikiran dan membuat kita khilaf untuk membeli suatu barang (kalo aku biasanya kadang khilaf saat beli baju, sepatu, atau lipstik. Hihihi). Biasanya kalo kita wanita nih liat kata “DISKON” atau “SALE” dengan huruf yang besar, langsung deh melipir ke toko tersebut. “Eh ini bagus yaa..”,“Eh ini unyu yaa…”,“ Ini nih model baju yang aku cari selama ini…” dan bla bla bla, akhirnya dibeli dan pengeluaran pun jadi membengkak. Daaaan dompet pun jadi jebol.

Belanja itu nggak dilarang asal kondisi finansial memungkinkan dan dilakukan dengan bijaksana.


Daripada pengeluaran kita terus nggak terkontrol dan sifat konsumtif itu selalu muncul, ada baiknya kita tanyakan pada diri sendiri 7 hal ini sebelum belanja

  1. Beneran butuh nggak ya ?
  2. Apa ternyata sudah punya barang yang serupa ?
  3. Bakal sering dipakai nggak ya ?
  4. Ditaruh dimana ya nanti ?
  5. Matching nggak ya sama baju / barang yang udah kumiliki ?
  6. Beneran suka sama barang ini ?
  7. Nantinya bakalan tetap suka nggak ya ?


Pertanyaan seperti ini dapat membuat kita berpikir ulang tanpa terbawa nafsu berbelanja. Membuat kita berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang untuk sesuatu hal yang mungkin nggak terlalu dibutuhkan.

Trik Untuk Mengatasi Kekhilafan Berbelanja

  1. Update promo disetiap tempat perbelanjaan. Jadi kita beli barangnya saat ada promo, lumayan kan kalo misalnya beli satu gratis satu, atau beli satu gratis dua. Hihihi. 
  2. Buat list belanjaan. Abaikan barang-barang diluar dari list belanjaan.
  3. Bawa uang secukupnya. Membawa uang dalam jumlah yang pas akan membuat kita berpikir ulang ketika hendak gunakan uang buat hal tak penting. Jangan bawa kartu kredit, karena dapat membuat pengeluaran makin membengkak.
  4. Belanja saat perut sudah terisi. Menurut penelitian, jika orang berbelanja dalam kondisi lapar akan memicu untuk membeli banyak barang dan makanan tak sehat seperti junk food.  Sebaiknya makan dulu di rumah sebelum berbelanja, karena akan membuat kita terhindar dari godaan keripik, sosis ataupun makanan tak sehat lainnya.
  5. Pilih teman belanja yang tepat. Beberapa teman justru malah mengingatkan kita untuk mengerem nafsu belanja, bukan malah menjerumuskan. Bila kita sedang membutuhkan saran dari orang lain sebelum membeli suatu barang, cari teman belanja yang sesuai kriteria.


Jangan sampai khilaf keterusan yaa girls. “Lebih baik menyesal membeli ?” atau “Lebih baik menyesal tidak membeli ?”. Kalo aku sih lebih baik menyesal tidak membeli. Hehehe.


Love


Komentar