Yuk, Cuci Muka Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaatnya untuk Kulit Wajah


Assalamualaikum

Hai readers…

Siapa diantara kalian yang setiap mau tidur selalu cuci muka terlebih dahulu ? Selamaaat, karena ternyata manfaat cuci muka sebelum tidur sangatlah banyak, terutama untuk kesehatan kulit wajah kita. Muka atau wajah adalah jendela diri kita, makanya kita semua khususnya para cewek pasti menginginkan wajah yang cantik dan sempurna. Mencuci wajah sebelum tidur adalah hal yang diharuskan jadi kebiasaan kita setiap hari.

Tapi sayangnya, banyak yang mengabaikan hal sederhana ini hanya karena kita merasa malas atau terlalu lelah padahal kebiasaan buruk ini bisa merusak kulit wajah loh. Mencuci muka sebelum tidur nggak hanya membersihkan make up, tapi juga membersihkan muka dari kotoran dan debu yang menempel yang akan memicu iritasi kulit karena kotoran menyerap masuk ke pori-pori wajah ketika tidur.


Sumber : Pinterest

Mencuci muka juga baik untuk memperbaiki kulit wajah. Sel kulit mati di kulit wajah bisa terangkat sehingga wajah kita tampak bersinar, memiliki warna yang merata, dan tidak kering. Tambahkan juga pelembap agar kesegaran kulit wajah tetap terjaga dan menghindari keriput dan wajah nampak lebih tua.

Nah apa saja Manfaat Mencuci Muka sebelum Tidur ?
  • Mencegah tumbuhnya jerawat dan menghilangkan komedo. Debu yang menempel di wajah akan membuat wajah kita mudah timbul jerawat dan komedo karena tertutupnya pori-pori.
  • Mencegah infeksi mata. Tidur dengan mata penuh riasan menyebabkan folikel rambut dan kelenjar minyak tertutup sehingga menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan dapat mempengaruhi kesehatan bulu mata. Bulu mata menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan.
  • Melembabkan kulit sehingga membuatnya tetap kenyal dan kencang.
  • Mencegah penuaan dini karena dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit.
  • Memberikan efek relaksasi yang sangat membantu untuk menenangkan otot dan syaraf.
  • Membunuh kuman tanpa mempengaruhi sel-sel kulit sehat di kulit.
  • Mengangkat sel kulit mati. Sel-sel kulit mati membuat kulit wajah kita terlihat kusam sehingga dengan mencuci wajah sebelum tidur sangat membantu mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.
  • Mengangkat minyak sehingga dapat membantu mengurangi minyak di wajah dan mencegah timbulnya jerawat.
  • Menjaga keelastisan kulit sehingga membuat kita selalu nampak segar dan awet muda.
  • Melancarkan sirkulasi darah, mempengaruhi penampakan wajah agar terlihat selalu segar.
  • Membuang lemak yang ada dibawah jaringan kulit wajah.
  • Menjaga kesehatan saraf. Mencuci wajah dengan air hangat dapat memberikan rangsangan-rangsangan pada syaraf wajah sehingga membuat syaraf selalu sehat.
  • Menghilangkan stress. Mencuci wajah sebelum tidur memberikan efek menyejukkan dan menenangkan sehingga akan mengusir stres dan membuat kita siap beraktifitas kembali keesokan harinya.
  • Menghilangkan kantuk. Mencuci wajah akan mengembalikan kesegaran pada tubuh dan menambah energi sehingga menghilangkan kantuk.
  • Membuka dan mengecilkan pori-pori. Mencuci wajah dengan air hangat dapat membuka pori-pori di wajah untuk mengeluarkan kotoran, keringat, dan racun dari tubuh kita sehingga kulit menjadi bersih dan bebas 'bernapas'. Setelah pori-pori terbuka dan mengeluarkan kotoran, keringat, dan racun dari dalam tubuh, kita harus segera menutupnya dengan mencuci wajah menggunakan air dingin.
  • Mempertahankan penampilan kulit. Kulit wajah sangat sensitif dan membutuhkan perlakuan khusus, makanya dengan mencuci wajah setiap hari dapat membersihkan kotoran yang menempel pada kulit sehingga kulit menjadi sehat.
  • Memaksimalkan regenerasi kulit. Mencuci wajah sebelum tidur membuat sel-sel kulit mati akan hilang dan tidak akan menumpuk pada wajah sehingga regenerasi kulit lebih optimal. Jika kita tidur dengan wajah kotor, regenerasi jadi tidak optimal sehingga menyebabkan wajah menjadi kusam, nggak bersinar, bersisik dan warna kulit yang nggak merata.
  • Mendetoksifikasi racun. Polusi udara dan makanan yang kita konsumsi tanpa kita sadari mengandung zat yang menjadi racun dalam tubuh. Racun-racun itu bersembunyi dalam kulit dan tidak mudah untuk dikeluarkan. Mencuci wajah dengan air hangat dapat membuka pori-pori wajah dan membersihkan racun yang tersembunyi di dalam kulit.
Nah setelah tau manfaat dari mencuci muka sebelum tidur, apa kita masih malas mau cuci muka  sebelum tidur. Akibat malas mencuci muka sebelum tidur sangat berpengaruh pada kesehatan kulit kita sehingga akan mempengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri kita.

Meskipun mencuci muka mudah dilakukan, tapi masih banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci muka, nggak kecuali aku sendiri. Nah ini akan membuat kita nggak mendapatkan hasil yang maksimal dan malah berdampak negatif pada kulit wajah kita.

Hal yang harus diperhatikan saat mencuci muka
  • Mencuci telapak tangan terlebih dahulu. Telapak tangan yang kotor akan memindahkan kuman dan bakteri ke wajah dan dapat menyebabkan alergi kulit wajah.
  • Melakukan gerakan yang benar. Cuci muka dengan gerakan memutar diawali dari tengah lalu ke atas, samping dan bawah wajah.
  • Menghapus make up atau kosmetik sebelum mencuci muka. Sebaiknya kita bersihkan dahulu kosmetik dengan makeup remover sebelum mencuci muka sehingga wajah akan bersih di luar maupun di dalam.
  • Jangan menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Gunakan air hangat atau bersuhu normal untuk membersihkan kotoran dan debu dari wajah.
  • Jangan terlalu sering mencuci muka. Jika terlalu sering mencuci muka maka kulit wajah akan kehilangan lapisan yang melindungi kulit dan menjadi penyebab kulit kering sehingga mudah timbul keriput. 
  • Menggunakan handuk khusus untuk mengeringkan muka setelah dicuci. Sediakan handuk khusus dengan tekstur yang lebih lembut untuk wajah.
Dengan rajin dan rutin mencuci muka sebelum tidur, kita akan merasakan manfaat yang luar biasa. Wajah kita jadi sehat, bersih, dan bersinar sehingga akan menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Jangan lupa selalu mencuci muka sebelum tidur dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Semoga bermanfaat yaa readers.
Thanks for reading.


Referensi : Dari berbagai sumber.


Komentar