Kamu Penikmat Kopi atau Penikmat Teh ?


Assalamualaikum readers

Kamu penikmat teh atau penikmat kopi ?
Sumber Gambar: Google

 
Setelah bangun tidur pagi hari biasanya kalian ngapain ? Olahragakah, langsung melakukan aktivitaskah atau menyeduh secangkir kopi atau teh hangat bersama keluarga ? Kopi dan teh sangat populer dan memiliki penggemarnya masing-masing. Ada orang yang nggak bisa melewati pagi tanpa kopi (biasanya yang nggak minum kopi kepala jadi pusing), ada juga orang yang nggak bisa bertahan sehari tanpa menyeduh teh.
 
Kopi dan teh adalah minuman yang di gemari oleh kebanyakan orang khususnya di Indonesia dan bahkan di dunia. Di Indonesia sendiri banyak produk-produk kopi hasil olahan suatu daerah tertentu yang biasanya menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Kopi memiliki banyak jenis, diantaranya:
  1. Kopi Gayo (Jenis kopi Arabika yang diproduksi di dataran tinggi Gayo, Aceh)
  2. Kopi Toraja (Dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan di pegunungan Toraja) menghasilkan 2 jenis kopi yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta
  3. Kopi Kintamani (Berasal dari Kintamani Bali. Kopi ini bercita rasa bercampur rasa buah)
  4. Kopi Arabika Flores (Berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur)
  5. Kopi Arabika Jawa
  6. Kopi Lanang
  7. Kopi Luwak
  8. Kopi Wamena
  9. Kopi Sidikalang (Sumatera Utara)
  10.  
Selain itu, teh juga dikenal sebagai bahan alami yang menyimpan beragam kandungan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan, dan juga baik untuk kecantikan kulit, seperti:
  1. Green Tea (mencegah penuaan diri dan memerangi jerawat)
  2. Black Tea (melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan mengurangi mata lelah)
  3. White Tea (meregenerasi kulit)
  4. Oolong Tea (mengatasi penyakit kulit seperti dermatitis)
  5. Yerba Mate (mengandung vitamin B, C, dan zinc untuk memperkuat sistem imun dan membuat kulit lebih cerah dan sehat)
  6. Kombucha (menyembuhkan jerawat meradang dan berbagai penyakit kulit)
  7. Rooibos (Teh merah, melindungi kulit dari radikal bebas)

Namun tahukah kalian kalau kopi dan teh sama-sama mengandung kafein, zat yang nggak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Walaupun ada banyak manfaat yang tersimpan dalam kopi dan teh, ternyata kedua minuman ini punya banyak perbedaan untuk tubuh loh.


Perbedaan Teh dan Kopi
  1. Teh hanya mengandung sedikit kafein dan antioksidan yang tinggi, membuat kulit lebih terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya.
  2. Kandungan senyawa tanin dalam kopi bisa membuat warna gigi jadi menguning. Jika minum teh, maka kamu akan merasakan perubahan gigi yang terlihat lebih putih.
  3. Beberapa studi menunjukkan kopi dapat meningkatkan mood dan mengurangi resiko depresi. Tapi jika diganti minum teh kemungkinan mood jadi berubah.
  4. Kopi mengandung kafein tinggi yang bisa bikin kamu melek semalaman. Sedangkan teh dapat membuat tubuh menjadi rileks dan kita bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.
  5. Kopi dapat membuat asam lambung naik.
  6. Telalu banyak minum kopi membuat tubuh kesulitan untuk menyerap magnesium yang dapat menyebabkan keram otot.
  7. Komponen cafestol dan kahweol dalam kopi yang belum difilter dapat berpengaruh buruk untuk kolestrol. Sebaiknya pilihlah kopi yang sudah difilter atau menggantinya dengan teh.
  8. Mengurangi kebiasaan minum kopi bisa membuat sakit kepala. Tapi, jangan khawatir karena lama-lama nyeri itu akan hilang dengan sendirinya.
  9. Teh mengandung antioksidan bernama ECGC yang lebih tinggi untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.
  10. Beberapa hasil studi menunjukkan kopi baik untuk mencegah diabetes tipe 2.

Manfaat Minum Kopi

  1. Meningkatkan Daya Ingat. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat.
  2. Meningkatkan Kinerja Fisik. Kopi dapat meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik.
  3. Bermanfaat untuk Hati. Kopi hitam dapat membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis. Kopi juga membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.
  4. Membuat Cerdas. Kopi memiliki stimulan psikoaktif  yang bila bereaksi dengan tubuh, serta memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, dan fungsi kognitif.
  5. Membersihkan Perut. Saat minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri dapat keluar dengan mudah dalam bentuk urin.
  6. Membantu Menurunkan Berat Badan. Kopi hitam dapat membakar lemak di perut dan merangsang sistem saraf  yang menandakan tubuh untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi yang bertentangan dengan glikogen.
  7. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah.Kopi hitam dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke dan mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan 
  1. Menjaga kesehatan usus. Hasil studi menyebut orang yang suka minum teh memiliki jumlah bakteri baik yang lebih banyak yang dapat menjaga keseimbangan bakteri dalam usus.
  2. Bikin rileks. Secangkir teh chamomile hangat sebelum tidur diyakini dapat membantu menenangkan saraf dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.
  3. Detoksifikasi. Teh hijau merupakan minuman yang mengandung antioksidan yang bisa dikonsumsi setelah makan untuk proses detoks.
  4. Tubuh jadi lebih segar. Teh lemon membuat tubuh lebih segar, siap beraktivitas, membuat lambung siap menerima sarapan dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Nah itulah perbedaan dan manfaat minum kopi atau teh. Manakah yang lebih baik untuk kesehatan ? Jawabannya tergantung selera masing-masing. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Jadi, kamu penikmat kopi atau penikmat teh nih ?


Referensi : Dari berbagai sumber.



Komentar