Yuk Saling Membantu Sesama Saat Pandemi COVID-19


Assalamualaikum

Hai readers…

Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap semua lapisan masyarakat hampir diseluruh negara di dunia. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya hingga menyebabkan kesulitan ekonomi. Kini saatnya kita menjadi lebih peduli terhadap sesama.



Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama selama pandemi Covid-19 ini ? Berikut beberapa alternatif cara membantu sesama yang dapat diterapkan mulai dari diri sendiri.

Mematuhi Peraturan Pemerintah dan Fatwa Ulama

Pada masa pandemi Covid-19 ini kita harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah masing-masing. Pemerintah saat ini sudah menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan Social Distancing atau Physical Distancing, Stay at Home dan menggunakan masker jika berpergian keluar rumah. Bahkan sekarang pemerintah juga telah menetapkan daerah yang termasuk dalam Red Zone harus menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Majelis Ulama Indonesia juga sudah mengeluarkan Fatwa larangan mudik dan larangan beribadah di tempat ibadah selama pandemi Covid-19. Dengan mematuhinya, kita sudah membantu sesama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bersedekah

Dengan diterapkan Social Distancing, Phisical Distancing, Stay At Home, atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdampak pada masyarakat kalangan menengah ke bawah dan menyebabkan para pekerja harian mengalami kesulitan ekonomi, misalnya tukang becak, tukang sampah, supir angkutan umum, abang ojek online, pemulung dan masih banyak lagi. Karena itu nggak ada salahnya kita mendonasikan sebagian harta dan penghasilan untuk membantu sesama di masa pandemi Covid-19 ini.

Banyak yayasan dan influencer yang membuka donasi untuk bisa disalurkan bagi mereka yang membutuhkan, misalnya:

Bagi umat muslim yang akan memasuki bulan ramadan merupakan kesempatan untuk beramal karena amalan kita pada bulan ramadan menjadi berlipat ganda nilainya. Berikut beberapa ayat Al-Qur’an yang dapat menjadi referensi muslim dalam berinfak dan sedekah:

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS 3 : 134)

“Katakanlah kepada hamba-hambaKu yang telah beriman! Hendaklah mereka mendirikan sembahyang, menginfakkan sebahagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terang sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan”. (QS. 14 : 31)

Menjadi Relawan Covid-19

Kita bisa menjadi relawan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing pada saat pandemi Covid-19 ini, misalnya dengan menjadi relawan penyemprotan disinfektan dilingkungan tempat tinggal atau dengan membagikan kebutuhan pokok dan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. Banyak hal yang bisa kita lakukan saat menjadi relawan Covid-19.

Bagi Masker dan Alat Pelindung Diri (APD)

Bagi teman-teman di dunia konveksi, membuat masker dan membagikannya kepada yang membutuhkan bisa menjadi ladang pahala untuk kita, karena saat ini masker kain sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita semua. Juga Alat Pelindung Diri (APD) bagi dokter-dokter atau perawat-perawat yang merawat pasien Covid-19 di rumah sakit.

Tidak Menyebarkan Berita Hoax

Berita hoax dapat membuat resah orang-orang yang tidak melek literatur digital. Untuk itu sebaiknya kita jangan menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya.

Dan masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan semampu kita untuk membantu sesama selama masa pademi Covid-19 ini. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa menjalankan aktifitas kita seperti biasanya. Aamiin.

Love,


Komentar