8 Ritual Pagi Hari Biar Hati dan Pikiran Tenang dan Semangat Sepanjang Hari


Assalamualaikum

Hai readers…

Sumber : Google

Dipostingan aku sebelumnya aku ngebahas manfaat cuci muka sebelum kita tidur, nah kali ini aku akan ngebahas apa saja ritual yang harus kita lakukan setelah bangun tidur dipagi hari agar hati dan pikiran kita tenang dan bersemangat untuk menjalankan aktifitas kita seharian.


Saat baru bangun tidur dipagi hari, apa aja sih yang biasanya kalian lakukan ? Yang pasti buka mata dulu dong yaa, terus nggak bisa dipungkiri dizaman era digital saat ini kebanyakan dari kita pasti langsung liat smartphone lalu buka notif dan sosmed. Jujur kalo aku biasanya gitu, kalo kalian gimana ?

Setelah aku baca beberapa artikel ternyata kalau kebiasaan buka smartphone setelah bangun pagi berpengaruh buruk sama kesehatan kita loh terutama mata. Bayangin, tidur itu kan berfungsi untuk mengistirahatkan anggota badan setelah seharian beraktifitas, begitu juga dengan mata. Kalau kita langsung maksain mata lihat layar hape, maka mata kita akan langsung terkena sinar radiasinya. Kan mata jadi kaget dan berpengaruh kekesahatan mata kita. Duh aku jadi takut mengingat mata adalah organ yang sangat penting untuk kita, yuk mulai dari sekarang kita ubah kebiasaan kita ini.

Menurut pakar kesehatan asal New York, Amerika, Daphne Javitch, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membawa aura positif, hati dan pikiran lebih tenang dipagi hari.

Ritual pagi hari yang kita lakukan memiliki peran besar dan mempengaruhi suasana hati sepanjang hari berikutnya dan salah satu cara paling ampuh untuk memusatkan perhatian dan memulai hari dengan pikiran jernih. Kita cukup meluangkan waktu setengah jam saja setiap pagi untuk melakukan ritual pagi ini. Berikut ini ada beberapa ritual pagi hari yang bisa kita lakukan sebelum menjalankan aktifitas kita.


Honoring a consistent morning ritual is a commitment to your health and well-being.
- Marina Chetner -



Bersyukur

Senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada Allah atas limpahan nikmat Allah.
Sumber : Google

Bersyukur adalah hal yang harus kita lakukan pertama kali ketika bangun tidur. Kenapa ? karena Allah masih memberikan kita kesempatan membuka mata lagi. Kita masih bisa memperbaiki hidup dari kesalahan hari kemarin, ketemu keluarga, sahabat, dan orang-orang yang kita sayang. Selain itu kita juga masih diberikan kesempatan untuk mengejar apa aja yang menjadi cita-cita kita.

Berdoa atau Meditasi Ringan

Berdoa adalah memanjatkan permohonan atau doa kepada Allah.
Sumber : Google

Semua orang memiliki kehidupan spiritual masing-masing. Sangat baik jika pagi hari kita lalui dengan berdoa (sholat subuh untuk yang beragama Islam) atau melakukan meditasi ringan. Berdoa dan meditasi menjadi momen yang tepat untuk memahami dan lebih menikmati waktu untuk kehidupan pribadi, kita dapat bersyukur, menenangkan diri dan mendalami apapun yang ada di dalam benak pikiran.

Buka Jendela dan Hiruplah Udara Segar


Kebiasaan kecil membuka jendela mempunyai efek yang besar untuk kesehatan.
Sumber : Google

Jendela itu sangat penting loh! Bukalah jendela dan pintu dan keluarlah untuk menghirup udara segar sebebas-bebasnya. Dengan beberapa menit kamu menghirup udara segar di luar rumah, pikiran akan tenang.  Selain itu dengan membuka jendela kamar, kamar  mendapatkan pasokan udara segar hingga penjuru rumah, sinar matahari akan masuk ke dalam kamar untuk membuat suasana lebih hangat dan mampu memberi energi positif bagi pikiran dan tubuh.

Gerakkan Badan atau Olahraga Ringan

Olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh sehingga sangat bagus untuk kesehatan otak dan tubuh.
Sumber : Google

Bergerak di pagi hari akan memberikan efek positif bagi kesehatan, memberikan ketenangan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan terasa ringan, sehingga memiliki energi positif yang baik untuk melakukan semua aktifitas yang padat sepanjang hari. Cukup olahraga ringan aja dengan menarik tangan ke atas atau melengkungkan badan sehingga aliran darah jadi lebih lancar.

Mandi Air Dingin

Sumber : Google

Air dingin akan membuat kita jadi lebih bersemangat dan bisa mendapatkan energi positif yang baik.

Sarapan yang Tepat

Menyantap makanan yang ringan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.
Sumber : Google

Sarapan adalah sumber energi awal untuk memulai hari. Jika kita nggak sarapan, kita nggak memiliki energi yang cukup. Emosi jadi nggak stabil dan kita akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi pada pekerjaan sehingga berbagai tugas nggak bisa diselesaikan dengan baik dan maksimal karena tubuh kekurangan energi.

Membaca dan Mempelajari Sesuatu

Membaca merupakan kunci dalam proses belajar dan menyerap berbagai macam pengetahuan.
Sumber : Google

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk belajar dan menyerap ilmu secara maksimal, jadi selalu manfaatkan waktu itu dengan baik. Upayakanlah untuk selalu memiliki waktu khusus membaca dan mempelajari sesuatu di pagi hari, sebab ini sangat baik bagi perkembangan otak dan kemampuan berpikir.

No Gadget minimal 1 jam

Agar bisa menikmati hidup, singkirkan sementara gadget.
Sumber : Google

Fokuslah beberapa saat pada tujuan kita satu hari tanpa dipengaruhi gadget. Pikiran yang belum tercemar sama gadget dan sosmed sangat bagus buat mengatur rencana harian. Karena nggak terganggu dengan notif-notif chat yang nggak penting, pikiran akan lebih jernih dan lebih fokus sehingga sangat membantu kita untuk memulai hari dengan pikiran yang positif.


Nah itulah beberapa ritual yang harus kita biasakan setiap pagi agar hati dan pikiran tenang dan semangat untuk menjalankan aktifitas sepanjang hari. Kalo kalian ada ritual lain mohon dishare di kolom komentar yaa. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading..


Referensi : Dari berbagai sumber.

Komentar